Mengenal Table Saw dan Bagian-Bagiannya

table saw

Alat-alat yang digunakan untuk memotong kayu dalam dunia perkayuan, terdiri dari berbagai macam, salah satunya yaitu table saw.

 

Apa Itu Table Saw?

Apakah kamu merasa asing dengan alat yang satu ini? Table saw atau gergaji meja merupakan alat pemotong kayu yang berbentuk meja seperti dengan namanya. Pada bagian tengah meja, terdapat gergaji untuk memotong kayu yang kamu miliki.

Bagi beberapa pengrajin kayu, mereka terbantu dengan adanya gergaji meja ini, karena alat ini dapat mempermudah dan mempercepat proses pengerjaan proyek mereka. Kamu cukup mendorong kayu ke arah gergaji dan kayu akan langsung terpotong dengan ukuran yang kamu butuhkan. Ukuran potongan kayu ini dapat disesuaikan karena gergaji meja memiliki pembatas (fence) yang digunakan untuk mengatur ketebalan potongan kayu kamu.

 

Bagian Table Saw

table saw
Sumber: sen842cova.blogspot.com

Untuk memperlengkap informasi seputar table saw, berikut ini penjelasan dari beberapa bagiannya, diantaranya:

1. Meja

Meja ini merupakan area dimana gergaji akan berfungsi. Bahan yang digunakan untuk membuat meja ‘table saw’ ini pada umumnya berbahan besi dan baja, karena dapat dibilang, proses pemotongan kayu yang ‘berat’ akan diarahkan ke meja ini.

Jika membahas ukuran meja, tentu saja kamu harus menyesuaikan dengan kebutuhan dan lokasi kerja kamu. Saat memiliki workshop atau ruang kerja terbatas, kamu tetap dapat memiliki table saw dengan ukuran yang lebih kecil.

2. Gergaji

Gergaji pada table saw berbentuk bundar dengan kisaran ukuran yaitu 10 – 12 inchi. Saat ingin melakukan proses pemotongan kayu, kamu dapat mengatur gergaji dengan cara menaikkan atau menurunkan gergaji sesuai dengan kebutuhan kamu.

3. Rip Fence

Bagian ini digunakan untuk mengatur kayu atau objek yang akan dipotong, agar lebih stabil dan menjaga agar objek tidak bergeser. Rip fence terletak sejajar dengan mata gergaji, dan ini bisa digeser dengan arah ke kanan ataupun ke kiri. Jika bagian ini tidak ada, agak sulit untuk memotong kayu agar lurus.

4. Pengukur (miter gauge)

Miter gauge berfungsi untuk memotong kayu dengan sudut tertentu, mulai dari sudut 0 derajat hingga 90 derajat.

5. Pengatur Tinggi Gergaji (blade height adjustment)

Bagian ini dapat mempengaruhi hasil dari pemotongan kayu yang kamu lakukan. Jika terlalu rendah bisa membuat kayu tidak terpotong rata. Sedangkan terlalu tinggi dapat membuat potongan tidak bersih.

 

Itu dia beberapa bagian-bagian yang ada pada table saw.

Pastikan kamu selalu mengutamakan keselamatan selama proses kegiatan perkayuan berlangsung, termasuk juga proses pemotongan kayu pada table saw ini.

Semoga informasi ini berguna ya Sobat Crona!

Table of Contents

Share on facebook
Facebook
Share on google
Google+
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on pinterest
Pinterest
Lem kayu

Lem Kayu Yang Paling Populer Di Kalangan Pengrajin Kayu

Kamu sedang mencari jenis lem kayu yang populer di dunia pengrajin kayu? Pas banget nih, kali ini MinCro mau membahas tentang beberapa jenis lem kayu yang populer di kalangan pengrajin kayu.  Sebelum itu, banyaknya jenis lem kayu yang ada ditujukan untuk menyesuaikan kebutuhan bagi para pengrajin kayu, mulai dari butuh yang tahan solvent (cairan thiner) pada saat melakukan finishing, lem yang tahan air untuk kerajinan kayu eksterior, hingga kebutuhan launnya, Banyak banget kan? Hehehe    Beberapa Jenis Lem Kayu Yang Populer  Lem Alifatik  Jenis lem alifatik ini banyak digunakan para pengrajin kayu karena lem ini memiliki keunggulan yang sesuai untuk membuat kerajinan kayu yang ditempatkan di dalam ruangan, Lem ini berbeda dengan lem putih biasa, lem alifatik memiliki keunggulan yang cepar kering, hasil akhir sambungan kayu yang kuat, hingga punya perlindungan terhadap cairan solvent nih Sobat

Read More »

0 Comments

Tinggalkan Balasan

Arrow-up