Ini Dia Beberapa Tipe Mesin Amplas, Kamu Harus Tau!

mesin amplas

Pengamplasan merupakan salah satu proses yang tidak lepas dari dunia perkayuan, karena untuk menghaluskan permukaan kayu membutuhkan sebuah amplas. Proses pengamplasan ini dapat membantu pengrajin kayu untuk menyelesaikan proses finishing karyanya.

Proses pengamplasan tidak hanya bertujuan untuk menghaluskan permukaan kayu, tetapi juga berfungsi untuk menghilangkan noda, bekas lem, serta meratakan permukaan kayu.

Untuk mendapatkan hasil pengamplasan yang maksimal, rata, dan halus, kamu perlu mengamplas permukaan kayu secara berulang dan sesuaikan ukuran grit yang tepat. Dapat dikatakan bahwa proses proses pengamplasan melelahkan jika dilakukan secara manual, apalagi jika permukaan kayu berukuran besar dan luas.

Tetapi, seiring berjalannya waktu. Alat-alat perkayuan sudah semakin modern dan canggih. Perkembangan alat perkayuan ini dapat memudahkan kamu dalam menyelesaikan proyek perkayuan dengan lebih cepat dan maksimal. Salah satu alat yang dapat kamu gunakan yaitu mesin amplas kayu.

 

Macam-macam Mesin Amplas Kayu

Walaupun bertujuan untuk menghaluskan atau meratakan kayu, ternyata mesin amplas terdapat beberapa macam loh Sobat Crona, diantaranya yaitu

Mesin amplas sabuk (belt sander)

Lem kayu dan lem hpl Crona - belt sander 2 e1619532744526

Pertama, mesin amplas sabuk atau dikenal juga dengan belt sander ini merupakan mesin amplas yang bisa dibilang memiliki ukuran besar, dan bobot yang berat. Mesin amplas sabuk juga dikenal dengan mesin amplas yang dapat menangani proyek besar dalam waktu yang cepat tetapi juga membutuhkan fokus yang tinggi. Sehingga kamu harus berhati-hati dalam menggunakannya.

Mesin amplas sabuk sangat cocok untuk menangani proyek yang besar seperti mengamplas lantai kayu, meja kayu, pintu kayu, dan bidang besar lainnya.

Mesin amplas pemoles (orbital sander)

Lem kayu dan lem hpl Crona - orbital sander 2 e1619532772516

Mesin amplas yang satu ini banyak digunakan oleh para pengrajin kayu. Mesin amplas pemoles dapat memberikan hasil permukaan kayu yang halus pada bidang kayu yang datar. Pada bagian bawah mesin amplas pemoles, kamu dapat melihat busa atau spons yang agak keras, dan berfungsi untuk meletakkan amplas.

Mesin amplas orbital acak (random orbital sander)

Lem kayu dan lem hpl Crona - Random orbital sander e1619532798838

Mesin amplas orbital acak memiliki sistem pemasangan amplas yang bisa langsung direkatkan (sistem velcro). Selain itu, terdapat piringan amplas lingkaran yang bisa memberikan permukaan kayu agar bebas dari goresan. Amplas orbital acak juga bisa digunakan pada permukaan yang melengkung.

Alat ini merupakan gabungan dari cepatnya mesin amplas sabuk dan penghalus yang baik dari mesin amplas pemoles.

 

Itu dia beberapa macam jenis amplas yang bisa kamu gunakan sesuai dengan kebutuhan kamu.

Untuk selanjutnya, kamu bisa membaca tentang kesalahan pengamplasan

 

Table of Contents

Share on facebook
Facebook
Share on google
Google+
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on pinterest
Pinterest
Lem kayu

Lem Kayu Yang Paling Populer Di Kalangan Pengrajin Kayu

Kamu sedang mencari jenis lem kayu yang populer di dunia pengrajin kayu? Pas banget nih, kali ini MinCro mau membahas tentang beberapa jenis lem kayu yang populer di kalangan pengrajin kayu.  Sebelum itu, banyaknya jenis lem kayu yang ada ditujukan untuk menyesuaikan kebutuhan bagi para pengrajin kayu, mulai dari butuh yang tahan solvent (cairan thiner) pada saat melakukan finishing, lem yang tahan air untuk kerajinan kayu eksterior, hingga kebutuhan launnya, Banyak banget kan? Hehehe    Beberapa Jenis Lem Kayu Yang Populer  Lem Alifatik  Jenis lem alifatik ini banyak digunakan para pengrajin kayu karena lem ini memiliki keunggulan yang sesuai untuk membuat kerajinan kayu yang ditempatkan di dalam ruangan, Lem ini berbeda dengan lem putih biasa, lem alifatik memiliki keunggulan yang cepar kering, hasil akhir sambungan kayu yang kuat, hingga punya perlindungan terhadap cairan solvent nih Sobat

Read More »
Arrow-up