Beberapa ‘Mitos’ Dunia Perkayuan Ini Harus Diketahui Pemula

Sumber: pikist.com

Menjadi seorang pengrajin kayu merupakan salah satu profesi yang dipilih oleh banyak orang. Saat memilih menjadi pengrajin kayu, nantinya kamu akan membuat berbagai macam karya menarik, mulai dari ukuran yang kecil hingga besar.

Tetapi, bagi beberapa orang yang ingin memasuki dunia perkayuan ini terasa berat. Hal ini dapat dikarenakan oleh berbagai macam mitos-mitos yang mereka temui, serta adanya ekspektasi-ekspektasi lainnya yang membuat mereka mundur dari keinginannya menjadi seorang pengrajin kayu.

‘Mitos’ dalam dunia perkayuan

Sebelum memasuki dunia perkayuan, pastikan kamu sudah mengetahui seluk beluk secara umum yang ada dunia perkayuan, termasuk tips-tips perkayuan yang dapat membuat kamu yakin untuk memasuki dunia perkayuan ini.

Jika kamu memilih untuk mundur sebelum mencoba, kemungkinan kamu mendapat beberapa mitos-mitos dunia perkayuan seperti di bawah ini

1. Adanya kebutuhan ruangan atau workshop yang besar

Lem kayu dan lem hpl Crona - pikist.com wood chisel workshop woodworking tools tool work carpentry e1603381244488
Sumber: pikist.com

Apakah pengrajin kayu selalu identik dengan memiliki workshop yang besar? Jawabannya, tentu tidak. Karena pada kenyataannya banyak juga pengrajin kayu yang memiliki workshop yang kecil. Hal ini berkaitan dengan kerajinan kayu yang akan dibuat.

Jika ingin membuat sebuah furniture-furniture berukuran besar, kemungkinan kamu akan membutuhkan workshop yang besar. Tetapi, jika kamu pemula, kamu dapat memaksimalkan ukuran workshop kamu saat ini dan kamu dapat mulai membuat kerajinan kayu yang kecil terlebih dahulu.

2.      Membutuhkan banyak alat

Lem kayu dan lem hpl Crona - needpix.com tools 2423826 1280 e1603381327746
Sumber: needpix.com

Beberapa pengrajin kayu pemula, pada awalnya membeli berbagai macam alat untuk memulai proyek pertama mereka. Kenyataannya, kamu hanya membutuhkan beberapa alat saja yang dapat membantu kamu dalam memulai proyek pertama.

Hal ini banyak dikatakan oleh para pengrajin kayu yang sudah lebih dulu masuk ke dalam dunia perkayuan. Dari banyaknya alat yang mereka miliki, hanya beberapa alat saja yang sering mereka gunakan.

3.      Membutuhkan waktu yang lama untuk belajar

Lem kayu dan lem hpl Crona - pixabay.com tools 2209756 1920 2 e1603381377944
Sumber: pixabay.com

Pada umumnya, dapat dikatakan bahwa pengetahuan tentang dunia perkayuan sangat luas. Tetapi, pada tahap pemula, kamu belum perlu untuk mempelajari semua hal dalam waktu yang singkat.

Hal yang kamu butuhkan sebagai pemula adalah fokus untuk mempelajari satu hal yang menarik buat kamu. Jika hal tersebut sudah kamu kuasai, maka kamu dapat mempelajari hal lainnya.

4.      Ukuran kayu yang dibeli = ukuran sebenarnya

Lem kayu dan lem hpl Crona - pixabay.com wood 1342577 1920 e1603381438627
Sumber: pixabay.com

Pada saat kamu sedang membeli sebuah kayu, kemungkinan ukuran yang ada di label kayu tidak seperti ukuran yang sebenarnya. Mengapa hal tersebut bisa terjadi? Karena adanya proses pengeringan dan kayu dapat menyusut sampai pada tahap terakhir kayu dijual.

5.      Biarkan lem kayu mengering terlebih dahulu, baru dibersihkan

Lem kayu dan lem hpl Crona - Untitled design 1 e1603381634288
Sumber: canva.com

Hayooo diantara Sobat Crona disini, apakah ada yang sependapat dengan pernyataan diatas? Faktanya adalah usahakan membersihkan lem yang keluar dari sambungan kayu secepat mungkin, karena jika terlalu lama dibiarkan, lem akan mengeras dan sulit dibersihkan.

Selain itu, membersihkan kayu setelah mengering, tidak memberikan pengaruh tambahan dalam daya rekat lem pada kayu

 

Itu dia beberapa mitos yang sering kita dengar di lingkungan sekitar. Semoga kamu tidak terpengaruh oleh mitos-mitos di atas yaa

Berkaryalah jika memang kamu ingin memasuki dunia perkayuan, dan juga semangat berkarya dengan lem Crona!

Table of Contents

Share on facebook
Facebook
Share on google
Google+
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on pinterest
Pinterest
Lem kayu

Lem Kayu Yang Paling Populer Di Kalangan Pengrajin Kayu

Kamu sedang mencari jenis lem kayu yang populer di dunia pengrajin kayu? Pas banget nih, kali ini MinCro mau membahas tentang beberapa jenis lem kayu yang populer di kalangan pengrajin kayu.  Sebelum itu, banyaknya jenis lem kayu yang ada ditujukan untuk menyesuaikan kebutuhan bagi para pengrajin kayu, mulai dari butuh yang tahan solvent (cairan thiner) pada saat melakukan finishing, lem yang tahan air untuk kerajinan kayu eksterior, hingga kebutuhan launnya, Banyak banget kan? Hehehe    Beberapa Jenis Lem Kayu Yang Populer  Lem Alifatik  Jenis lem alifatik ini banyak digunakan para pengrajin kayu karena lem ini memiliki keunggulan yang sesuai untuk membuat kerajinan kayu yang ditempatkan di dalam ruangan, Lem ini berbeda dengan lem putih biasa, lem alifatik memiliki keunggulan yang cepar kering, hasil akhir sambungan kayu yang kuat, hingga punya perlindungan terhadap cairan solvent nih Sobat

Read More »
Arrow-up