Persiapkan Beberapa Hal Ini Untuk Workshop Perkayuan

Sumber: unsplash.com

Menjadi pengrajin kayu merupakan salah satu hobi dan secara bersamaan juga dapat menjadi sebuah profesi. Sesuai dengan namanya, profesi ini membuat orang ‘bergelut’ dengan kayu, dalam hal ini, pengrajin kayu akan memanfaatkan ide serta kreaticitas mereka untuk membuat sebuah karya

Persiapan Workshop

Tetapi, sebelum itu, kalau kamu mau menjadi pengrajin kayu, hal yang harus ditetapkan terlebih dahulu bukan hanya membeli alat-alat perkayuan, tetapi menyiapkan beberapa seputar workshop sebelum digunakan, diantaranya yaitu

1. Lokasi Workshop

Lem kayu dan lem hpl Crona - commons.wikimedia.org 1280px Wood carving workshop عامل حفر خشب أويما e1603602100539
Sumber: commons.wikimedia.org

Hal pertama yang dapat kamu lakukan ialah memastikan lokasi workshop. Pada umumnya, para pemula menggunakan salah satu ruangan di rumah mereka untuk memulai kegiatan perkayuan, seperti teras rumah atau bagian belakang rumah.

Untuk menentukan lokasi workshop, pastikan lokasi tersebut berada di ruangan yang memiliki ventilasi udara. Kenapa begitu MinCro? Hal ini dikarenakan oleh banyaknya debu-debu yang muncul pada saat kegiatan kamu dimulai, jika berada di ruang yang tertutup tanpa ventilasi, hal ini dapat mengganggu saluran pernapasan kamu, terlebih lagi jika tidak menggunakan alat-alat pelindung khusus untuk pengrajin kayu.

2. Meja kerja perkayuan atau workbench

Lem kayu dan lem hpl Crona - flickr.com 4860352960 b5db2921b0 k e1603602373823
Sumber: flickr.com

Untuk memulai kegiatan perkayuan kamu, pastikan kamu sudah menyiapkan meja kerja perkayuan atau workbench. Benda yang satu ini dapat dikatakan sebagai tempat pusatnya pengerjaan kayu yang kamu lakukan, seperti pengeleman, penyambungan kayu, dan sebagainya.

Workbench ini harus disesuaikan dengan kebutuhan kamu, salah satunya yaitu sesuaikan ukuran workbench mulai dari tinggi, lebar, dan panjangnya workbench yang dapat disesuaikan dengan kenyamanan kamu.

3. Tempat Penyimpanan Alat Perkayuan

Lem kayu dan lem hpl Crona - barn images t5YUoHW6zRo unsplash scaled e1601051229759
Sumber: unsplash.com

Pada umumnya, para pengrajin kayu menempatkan alat-alat perkayuan mereka pada dinding, atau membuat rak dinding. Untuk para pemula, jika alat yang digunakan masih sedikit, tempatkan alat-alat perkayuan anda di tempat yang mudah terjangkau

4. Lampu Pada Workshop

Lem kayu dan lem hpl Crona - pexels cottonbro 5089154 scaled e1603602708909
Sumber: pexels.com

Untuk membuat hasil kerajinan kayu menjadi lebih maksimal, usahakan workshop yang kamu gunakan memiliki pencahayaan yang cukup baik. Jika tidak memungkinkan, tambahkan lampu pada workshop kamu.

Hal ini merupakan salah satu persiapan yang penting untuk mengurangi kesalahan ukuran hingga mengurangi kemungkinan terjadinya kecelakaan pada saat kegiatan perkayuan berlangsung.

 

Itu dia beberapa hal yang dapat kamu persiapkan untuk workshop perkayuan kamu.

Selamat berkarya, Sobat Crona!

Table of Contents

Share on facebook
Facebook
Share on google
Google+
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on pinterest
Pinterest
Lem kayu

Lem Kayu Yang Paling Populer Di Kalangan Pengrajin Kayu

Kamu sedang mencari jenis lem kayu yang populer di dunia pengrajin kayu? Pas banget nih, kali ini MinCro mau membahas tentang beberapa jenis lem kayu yang populer di kalangan pengrajin kayu.  Sebelum itu, banyaknya jenis lem kayu yang ada ditujukan untuk menyesuaikan kebutuhan bagi para pengrajin kayu, mulai dari butuh yang tahan solvent (cairan thiner) pada saat melakukan finishing, lem yang tahan air untuk kerajinan kayu eksterior, hingga kebutuhan launnya, Banyak banget kan? Hehehe    Beberapa Jenis Lem Kayu Yang Populer  Lem Alifatik  Jenis lem alifatik ini banyak digunakan para pengrajin kayu karena lem ini memiliki keunggulan yang sesuai untuk membuat kerajinan kayu yang ditempatkan di dalam ruangan, Lem ini berbeda dengan lem putih biasa, lem alifatik memiliki keunggulan yang cepar kering, hasil akhir sambungan kayu yang kuat, hingga punya perlindungan terhadap cairan solvent nih Sobat

Read More »
Arrow-up