Mengenal 8 Jenis Wallpaper Dinding

Serat-Alami

Mungkin sobat lengket sudah tau kan wallpaper dan kegunaanya?, tetapi kamu belum tahukan kalau Wallpaper itu banyak sekali jenis & bahannya. Dari pada penasaran mari kita bahas sama-sama.

Mengenal Berbagai Jenis Wallpaper 

Wallpaper terbagi menjadi 2 jenis yaitu 2D & 3D. Beberapa jenis wallpaper 2D terbuat dari kertas dalam bentuk roll. Sedangkan wallpaper 3D sebagian besar terbuat dari bahan plastik yang tebal dan mudah sekali dibentuk Anda bisa menyesuaikan desain atau gambar dari wallpaper agar senada dengan interior dan eksterior dari ruangan.

Wallpaper 2D

Beberapa jenis wallpaper 2D terbuat dari kertas, kain, vynil, serat alami, foil, cair, fiber glass dalam bentuk roll dan ada juga yang berbentuk cair.

1. Kertas

Lem kayu dan lem hpl Crona - Wallpaper bahan Kertas

Kertas adalah salah satu bahan dari wallpaper dinding yang banyak sekali terdapat di pasaran dan digunakan oleh banyak orang. Kelebihan dari wallpaper kertas adalah jenisnya yang banyak. Motif bisa dicetak sesuai dengan selera. Selain itu, warna juga bisa menyesuaikan desain interior dan eksterior ruangan apartemen.

2. Kain

Lem kayu dan lem hpl Crona - Kain

Bahan untuk wallpaper kedua adalah kertas yang terbuat dari serat kain. Bahan ini biasanya lebih ulet sehingga tidak mudah rusak saat dipasangkan ke tembok. Saat kena air dan debu, wallpaper kain bisa dicuci hingga bersih. Kalau Anda ingin wallpaper yang awet, bahan ini sangat direkomendasikan.

3. Vinyl

Lem kayu dan lem hpl Crona - wallpaper vynil

Wallpaper dengan bahan vinyl atau serat plastik ini cukup banyak digunakan dan diproduksi. Bahan ini cukup awet dan mudah sekali dibersihkan. Kalau ada noda di wallpaper bisa segera dibersihkan dengan air atau cairan pembersih lainnya. Selanjutnya kalau ada bocor di dinding, wallpaper tidak akan kotor atau berjamur.

4. Serat Alami

Lem kayu dan lem hpl Crona - Serat Alami

Wallpaper juga terbuat dari serat alami yang cukup kuat seperti serat dari bambu. Serat ini digunakan untuk memberikan kesan etnik. Bambu yang digunakan juga membuat ruangan apartemen terlihat lebih klasik sehingga cocok untuk lokasi relaksasi atau mungkin bekerja.

5. Foil

Lem kayu dan lem hpl Crona - wallpaper foil2

Foil adalah salah satu bahan wallpaper dinding yang cukup banyak digunakan karena memberikan efek kilap. Bahan logam tipis yang digunakan cocok untuk ruangan yang difungsikan untuk tempat bersantai atau bekerja. Bahan foil juga tahan dengan suhu, air, dan kotor sehingga bisa digunakan dalam jangka waktu lama.

6. Cair

Lem kayu dan lem hpl Crona - Wallpapaer Cair

Wallpaper juga bisa berbentuk cair. Wallpaper jenis ini biasanya bisa menyesuaikan berbagai bentuk dinding. Cara menggunakan wallpaper ini adalah dengan mencairkan bahannya lalu menyapukannya ke tembok. Warna dari wallpaper juga bisa disesuaikan dengan kebutuhan sehingga kreativitas pemasang sangat dibutuhkan.

7. Fiber Glass

Lem kayu dan lem hpl Crona - Fiber Glass

Bahan fiber glass juga bisa digunakan untuk wallpaper karena memiliki banyak sekali kelebihan. Salah satu kelebihan dari wallpaper jenis ini adalah tahan dengan banyak hal mulai dari panas karena terbuat dari serat kaca yang kuat.

Wallpaper Dinding 3D

Lem kayu dan lem hpl Crona - 3d

Wallpaper dinding 3D sebagian besar terbuat dari bahan plastik yang tebal dan mudah sekali dibentuk. Motif dari wallpaper 3D ini juga banyak. Beberapa jenis yang sering digunakan terdiri dari.

  • Motif geometri yang mudah sekali diaplikasi dan mudah sekali didapatkan di pasaran. Anda bisa mendapatkannya di toko terdekat atau kalau mau yang lebih lengkap bisa ke isibangunan.com.
  • Motif abstrak. Motif ini bisa digunakan di mana saja karena memberikan kesan elegan yang cukup besar.
  • Motif batu bata. Dengan motif ini ruangan jadi terlihat lebih unik. Bangunan di apartemen bisa menggunakan wallpaper3D bermotif batu bata di bagian ruang keluarga atau mungkin kamar mandi.
  • Motif kayu. Motif ini memberikan kesan sederhana dan menyatu dengan alam. Anda bisa menempatkan wallpaperini di bagian ruang kerja agar bisa konsentrasi.

Sekarang sudah tahukan, ternyata banyak sekali kan jenis-jenis dari wallpaper. Buat kamu yang ingin memasang wallpaper, kita kasih tips ‘n tricknya nih. ikutin terus ya artikel ini

Table of Contents

Share on facebook
Facebook
Share on google
Google+
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on pinterest
Pinterest
Lem kayu

Lem Kayu Yang Paling Populer Di Kalangan Pengrajin Kayu

Kamu sedang mencari jenis lem kayu yang populer di dunia pengrajin kayu? Pas banget nih, kali ini MinCro mau membahas tentang beberapa jenis lem kayu yang populer di kalangan pengrajin kayu.  Sebelum itu, banyaknya jenis lem kayu yang ada ditujukan untuk menyesuaikan kebutuhan bagi para pengrajin kayu, mulai dari butuh yang tahan solvent (cairan thiner) pada saat melakukan finishing, lem yang tahan air untuk kerajinan kayu eksterior, hingga kebutuhan launnya, Banyak banget kan? Hehehe    Beberapa Jenis Lem Kayu Yang Populer  Lem Alifatik  Jenis lem alifatik ini banyak digunakan para pengrajin kayu karena lem ini memiliki keunggulan yang sesuai untuk membuat kerajinan kayu yang ditempatkan di dalam ruangan, Lem ini berbeda dengan lem putih biasa, lem alifatik memiliki keunggulan yang cepar kering, hasil akhir sambungan kayu yang kuat, hingga punya perlindungan terhadap cairan solvent nih Sobat

Read More »
Arrow-up