Tips Menyambung Kayu Agar Hasil Maksimal!

Selain mengukir kayu, hal lainnya yang sering ditemukan pada proses pembuatan kerajinan kayu adalah penyambungan kayu. Penyambungan kayu ini dilakukan untuk mendapatkan luas permukaan kayu yang lebih besar dan sesuai dengan kebutuhan pengrajin kayu. Hal tersebut dikarenakan oleh sulit ditemukannya permukaan kayu yang benar-benar memiliki ukuran yang besar. Sehingga menyambung kayu adalah jalan keluarnya.

 

Hal Yang Perlu Diperhatikan Dalam Penyambungan Kayu

Untuk penyambungan kayu ada beberapa teknik yang bisa kamu lakukan. Tetapi, sebelum melakukan penyambungan kayu, ada beberapa hal yang harus kamu ketahui terlebih dahulu, seperti:

1. Pilih teknik penyambungan kayu yang dikuasai

Bagi sebagian orang, melakukan penyambungan kayu dengan salah satu teknik yang ada merupakan hal yang sulit. Salah satunya yaitu teknik penyambungan ekor burung (dove tail). Penyambungan kayu dengan teknik ekor burung terbilang sulit karena membutuhkan bentuk yang benar-benar presisi, agar potongan kayu yang sudah dibentuk dapat menyambung dengan sempurna.

Jadi, pastikan kamu menggunakan teknik penyambungan kayu yang benar-benar sudah kamu kuasai ya, Sobat Crona

2. Karakteristik kayu

Selanjutnya, pastikan kamu mengetahui jenis kayu yang digunakan, walaupun kayu bekas sekalipun. Kenapa harus tahu? Karena dari jenis kayu tersebut kamu bisa tahu apakah kayu tersebut kayu keras atau kayu lunak? apakah kayu tersebut mudah diolah atau dibentuk?

3. Keindahan kerajinan kayu

Selain mempertimbangkan kemampuan kamu dalam melakukan teknik penyambungan kayu, kamu juga harus memperkirakan apakah kerajinan kayu kamu memiliki tampilan yang bagus jika menggunakan teknik penyambungan kayu X misalnya. Hal ini perlu diperhatikan agar tidak mengurango keindahan dari kerajinan kayu yang dibuat.

 

Kemudian, untuk memperkuat sambungan kayu, pastikan kamu menggunakan lem kayu yang berkualitas, dengan ciri-ciri:

  • Daya rekat kuat
  • Cepat kering
  • Mudah digunakan
  • Tidak membuat iritasi pada kulit atau aman digunakan
  • Tidak menimbulkan glue line

Beberapa ciri lem diatas dapat kamu temukan pada lem kayu Crona yang berkualitas dan kamu dapat menyesuaikan lem Crona yang sesuai dengan kebutuhan kamu ya!

Ayo segera beli Lem Crona di toko partner terdekat!

Table of Contents

Share on facebook
Facebook
Share on google
Google+
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on pinterest
Pinterest
Lem kayu

Lem Kayu Yang Paling Populer Di Kalangan Pengrajin Kayu

Kamu sedang mencari jenis lem kayu yang populer di dunia pengrajin kayu? Pas banget nih, kali ini MinCro mau membahas tentang beberapa jenis lem kayu yang populer di kalangan pengrajin kayu.  Sebelum itu, banyaknya jenis lem kayu yang ada ditujukan untuk menyesuaikan kebutuhan bagi para pengrajin kayu, mulai dari butuh yang tahan solvent (cairan thiner) pada saat melakukan finishing, lem yang tahan air untuk kerajinan kayu eksterior, hingga kebutuhan launnya, Banyak banget kan? Hehehe    Beberapa Jenis Lem Kayu Yang Populer  Lem Alifatik  Jenis lem alifatik ini banyak digunakan para pengrajin kayu karena lem ini memiliki keunggulan yang sesuai untuk membuat kerajinan kayu yang ditempatkan di dalam ruangan, Lem ini berbeda dengan lem putih biasa, lem alifatik memiliki keunggulan yang cepar kering, hasil akhir sambungan kayu yang kuat, hingga punya perlindungan terhadap cairan solvent nih Sobat

Read More »
Arrow-up