Teknik Penyambungan Kayu Apa Saja Ya?

Sumber: unsplash.com

Dalam melakukan kegiatan perkayuan, seperti membuat furniture hingga membuat kerajinan kayu lainnya, pengrajin kayu akan menggunakan beberapa teknik penyambungan kayu dari satu potong ke potongan lainnya. Mengaplikasikan penyambungan kayu harus dilakukan dengan benar akan menentukan kekuatan sambungan kayunya, tetapi hal ini juga dipengaruhi oleh kualitas lem yang digunakan.

Sebelum kamu ingin menyambungkan beberapa kayu, pastikan kayu-kayu tersebut memiliki jumlah kadar air yang sedikit, atau dengan tingkat kekeringan sebesar 12%. Namun, jika kayu yang kamu gunakan termasuk jenis kayu basah, kamu tetap dapat melakukan penyambungan kayu dengan menggunakan lem khusus kayu basah seperti lem Crona PU 888 Wood.

 

1.      Sambungan Kayu Langsung

Lem kayu dan lem hpl Crona - commons.wikimedia.org butt joint download
Sumber: commons.wikimedia.org

 

Sambungan kayu langsung merupakan teknik penyambungan kayu yang dapat dibilang sederhana, karena hal ini dapat dilakukan dengan cukup menyatukan potongan-potongan kayu yang sudah diberi lem. Lalu, jika ingin mendapatkan hasil yang lebih baik, kamu dapat menggunakan clamp atau alat press kayu.

 

2.      Sambungan Ekor Burung (dovetail)

Lem kayu dan lem hpl Crona - wood connection 2162234 1920 e1598414212141
Sumber: pixabay.com

 

Teknik penyambungan kayu yang satu ini membentuk pola dari ekor burung yang disatuka dengan pola ekor burung lainnya. Penggunaan teknik ini dapat dikatakan sebagai teknik penyambungan yang memiliki daya rekat yang kuat karena teknik ini dapat membuat kayu yang satu dengan kayu lainnya saling mengikat kuat.

 

3.      Sambungan Kayu Lidah dan Alur (Tongue and Groove)

Lem kayu dan lem hpl Crona - woodworkersjournal.com toungue groove lead e1598414357870
Sumber: woodworkersjournal.com

 

Penyambungan kayu dengan teknik lidah dan alur dapat dilakukan dengan cara memasukkan bagian kayu yang memiliki bentuk yang lebih panjang dibagian tengahnya ke kayu yang lainnya yang memiliki rongga pada bagian tengahnya. Pengaplikasian teknik ini sering ditemukan pada pemasangan lantai kayu atau dinding kayu.

 

4.      Sambungan Kayu Purus Lubang (Mortise & Tenon Joint)

Lem kayu dan lem hpl Crona - haikudeck.com mortise and tenon joint e1598414448703
Sumber: haikudeck.com

 

Penggunaan teknik kayu purus lubang pada umumnya mirip dengan pengaplikasian teknik lidah dan alur. Namun, dalam hal penggunaannya kedua teknik tersebut berbeda. Teknik kayu purus lubang banyak diaplikasikan pada sambungan dalam pembuatan furniture.

 

5.      Sambungan Bibir Miring

Lem kayu dan lem hpl Crona - 1024px NotchedScarfJoint e1598413848999
Sumber: commons.wikimedia.org

 

Sambungan bibir miring merupakan teknik penyambungan pada kayu yang dipotong secara miring. Teknik penyambungan dengan sambungan bibir miring berfungsi untuk menambah panjang dari sebuah kayu balok ataupun kaso. Teknik ini sering ditemukan pada gording atap, kuda-kuda atap, kayu balok lantai, dan sebagainya.

 

Itu dia beberapa teknik penyambungan kayu. Jika kamu membutuhkan lem untuk menambah kekuatan tarikan kayu, jangan lupa pakai lem kayu Crona ya!

 

 

Mengenal Sifat Kayu

Pembagian Jenis Kayu Berdasarkan Keawetan dan Kekuatannya

Sebelum Membeli, Ketahuilah Berbagai Jenis Kayu dan Penggunaannya

Table of Contents

Share on facebook
Facebook
Share on google
Google+
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on pinterest
Pinterest
Lem kayu

Lem Kayu Yang Paling Populer Di Kalangan Pengrajin Kayu

Kamu sedang mencari jenis lem kayu yang populer di dunia pengrajin kayu? Pas banget nih, kali ini MinCro mau membahas tentang beberapa jenis lem kayu yang populer di kalangan pengrajin kayu.  Sebelum itu, banyaknya jenis lem kayu yang ada ditujukan untuk menyesuaikan kebutuhan bagi para pengrajin kayu, mulai dari butuh yang tahan solvent (cairan thiner) pada saat melakukan finishing, lem yang tahan air untuk kerajinan kayu eksterior, hingga kebutuhan launnya, Banyak banget kan? Hehehe    Beberapa Jenis Lem Kayu Yang Populer  Lem Alifatik  Jenis lem alifatik ini banyak digunakan para pengrajin kayu karena lem ini memiliki keunggulan yang sesuai untuk membuat kerajinan kayu yang ditempatkan di dalam ruangan, Lem ini berbeda dengan lem putih biasa, lem alifatik memiliki keunggulan yang cepar kering, hasil akhir sambungan kayu yang kuat, hingga punya perlindungan terhadap cairan solvent nih Sobat

Read More »
Arrow-up