Sudah Tahu Cara Memilih Kayu Palet Bekas Yang Berkualitas?

Salah satu jenis kayu yang banyak dicari untuk membuat kerajinan kayu, yaitu kayu palet. Banyaknya penggunaan kayu palet ini alasannya karena mudah ditemukan, setuju kan?

Sebelumnya, sudah pada tahu belum kayu palet berasal dari kayu apa?

Sebagian besar kayu palet berasal dari kayu pinus. Iya, kayu lunak yang satu ini banyak digunakan untuk menahan beban yang berat pada beberapa aktivitas. Kamu dapat menemukan kayu ini di perusahaan yang berfokus pada logistik, industri, hingga transportasi. Dapat dikatakan bahwa kayu palet ini memudahkan kegiatan untuk memindahkan barang.

Seperti yang dikatakan sebelumnya, kayu palet yang mudah ditemukan ini, digunakan untuk membuat kerajinan kayu yang menarik. Berarti pakai kayu bekas dong MinCro?

Eiiittsss, kayu palet yang sudah bekas ini tetap memiliki nilai seni yang bagus loh. Hal ini diikuti dengan keindahan serat kayu yang dimiliki oleh kayu pinus. Mau tau gimana cara memili kayu palet bekas yang masih bagus dan berkualitas? Scroll ke bawah yuk!

 

Cara Memilih Kayu Palet Bekas

Perlu diperhatikan bahwa kamu akan jarang mendapatkan kayu palet bekas yang memiliki permukaan yang mulus. Mulus dalam hal ini yaitu permukaan kayu benar-benar bebas dari lubang serta mata kayu. Karena kayu palet sudah digunakan sebelumnya dan kayu palet satu dengan yang lainnya disatukan dengan paku. Sehingga kamu akan menemukan beberapa lubang pada kayu palet bekas kamu.

Untuk mempermudah kamu dalam memilih kayu palet bekas, ikutin cara ini yuk!

1. Carilah kayu palet bekas yang sudah diserut

Jika kamu tidak keberatan dengan kayu palet bekas yang belum diserut, kamu bisa lewati cara ini. Tetapi, buat kamu yang ingin lebih praktis, carilah tempat yang menjual kayu palet dalam keadaan sudah diserut atau permukaannya sudah halus.

2. Pilih kayu palet yang minim mata kayu

Jangan kaget saat kamu melihat banyaknya mata kayu yang berada pada permukaan kayu palet. Mata kayu dapat dikatakan sebagai kecacatan pada kayu. Tetapi, jika sulit mencari kayu palet bekas yang bebas dari mata kayu, kamu bisa memilih kayu palet yang memiliki sedikit mata kayu.

3. Pilih kayu palet yang lurus

Karena digunakan untuk menahan beban, kayu palet dapat melengkung, sehingga bentuknya tidak lurus. Jika kamu belum mahir menangani kayu yang melengkung, kamu bisa pilih kayu palet yang bentuknya lurus

 

Itu dia beberapa cara memilih kayu palet bekas yang berkualitas.

Apakah kamu sudah bersiap berkarya dengan kayu palet bekas?

Table of Contents

Share on facebook
Facebook
Share on google
Google+
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on pinterest
Pinterest
Lem kayu

Lem Kayu Yang Paling Populer Di Kalangan Pengrajin Kayu

Kamu sedang mencari jenis lem kayu yang populer di dunia pengrajin kayu? Pas banget nih, kali ini MinCro mau membahas tentang beberapa jenis lem kayu yang populer di kalangan pengrajin kayu.  Sebelum itu, banyaknya jenis lem kayu yang ada ditujukan untuk menyesuaikan kebutuhan bagi para pengrajin kayu, mulai dari butuh yang tahan solvent (cairan thiner) pada saat melakukan finishing, lem yang tahan air untuk kerajinan kayu eksterior, hingga kebutuhan launnya, Banyak banget kan? Hehehe    Beberapa Jenis Lem Kayu Yang Populer  Lem Alifatik  Jenis lem alifatik ini banyak digunakan para pengrajin kayu karena lem ini memiliki keunggulan yang sesuai untuk membuat kerajinan kayu yang ditempatkan di dalam ruangan, Lem ini berbeda dengan lem putih biasa, lem alifatik memiliki keunggulan yang cepar kering, hasil akhir sambungan kayu yang kuat, hingga punya perlindungan terhadap cairan solvent nih Sobat

Read More »
Arrow-up