Pasang Pintu Geser? Ini Kelebihan dan Kekurangannya!

Pintu geser

Sebagai salah satu benda yang berperan penting di dalam ruangan. Kenapa pintu ini memiliki peran yang penting? Alasannya yaitu karena pintu menjadi akses keluar masuk rumah dan juga akses masuk dari ruangan yang satu ke ruangan lainnya.

Pemilihan jenis pintu dapat disesuaikan dengan keinginan kamu, seperti pintu yang sangat umum digunakan oleh masyarakat, yaitu pintu sayap (swing door), pintu lipat, hingga pintu geser (sliding door).  Dari beberapa jenis pintu tersebut, pastinya memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Nah, kali ini MinCro bakal infoin seputar kelebihan dan kekurangan dari pintu geser.

 

Apa Itu Pintu Geser?

Pintu geser merupakan jenis pintu yang dibuka dengan cara digeser. Di Indonesia, mungkin pintu geser lebih sering ditemukan pada pagar rumah, tetapi tidak banyak pintu geser yang penggunaannya pada pintu di dalam rumah.

Bahan material dari pintu geser pun bermacam-macam, mulai dari kayu, kayu dan kaca, alumunium dan kaca, hingga besi seperti pada pagar rumah.

 

Kelebihan Pintu Geser

Masih bingung mau pakai pintu geser atau engga? Coba pertimbangin beberapa kelebihan pintu geser berikut ini deh:

Menghemat ruang

Lem kayu dan lem hpl Crona - Untitled design 2021 04 25T225352.127 e1624421862235

Pintu geser tidak membutuhkan ruang yang besar karena pemakaiannya cukup di geser ke samping saja. Hal ini tentu berbeda dengan pintu sayap yang harus dibuka searah dengan arah masuk ruangan serta membutuhkan ruang di dalamnya agar pintu dapat digerakkan.

Hemat Energi

Lem kayu dan lem hpl Crona - Untitled design 2021 04 25T225432.854 e1624421802806

Pada umumnya pintu geser menggunakan bahan material kaca dan alumunium ataupun kayu. Penggunaan bahan kaca tentu akan membuat cahaya dari luar mudah masuk ke dalam rumah tanpa terhalang media lainnya. Sehingga kamu tidak perlu menyalakan lampu untuk beraktivitas di dalam ruangan.

Multifungsi

Lem kayu dan lem hpl Crona - Untitled design 2021 04 25T225644.690 e1624421927664

Selain menjadi penutup ruangan, pintu geser juga bisa berfungsi sebagai sekat ruangan atau pembatas dari ruang yang satu ke ruangan lainnya.

Ruangan terasa lebih luas

Karena pada umumnya pintu geser menggunakan material kaca, hal ini dapat membuat ruangan kamu tidak memiliki batasan sudut pandang. Sehingga ruangan kamu dapat terasa lebih luas.

 

Kekurangan Pintu Geser

Jika kamu sudah benar-benar siap memiliki pintu geser, pastikan kamu juga sudah siap dengan beberapa kekurangan dari pintu geser ini:

Udara dapat masuk melalui celah

Walaupun pintu geser sudah tertutup, pintu ini tetap memiliki celah untuk keluar masuknya udara. Celah ini berada diantara pintu geser dan dudukannya. Sehingga, pintu geser tidak benar-benar tertutup erat.

Rumit

Jika pintu sayap hanya membutuhkan siku dan bagian gagang pintu, serta perawatan yang mudah, hal ini berbeda dengan pintu geser yang membutuhkan rel pintu, perawatan berkala agar pintu tidak susah digeser dan tidak berkarat.

Butuh tenaga lebih

Menggunakan pintu geser dengan ukuran yang besar, memiliki kemungkinan butuh tenaga lebih dalam menggeser pintunya, karena akan terasa lebih berat jika ukurannya besar.

 

Jadi, itu beberapa kekurangan dan kelebihan dari pintu geser.

Apakah kamu tertarik memasang pintu geser di ruangan kamu? Jika kamu mau membuat pintu dengan kayu keras, pastikan kamu menggunakan lem kayu yang tepat seperti Lem Crona D3 ya!

 

Untuk selanjutnya kamu bisa membaca tentang jenis kayu untuk pintu dan kusen

Table of Contents

Share on facebook
Facebook
Share on google
Google+
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on pinterest
Pinterest
Lem kayu

Lem Kayu Yang Paling Populer Di Kalangan Pengrajin Kayu

Kamu sedang mencari jenis lem kayu yang populer di dunia pengrajin kayu? Pas banget nih, kali ini MinCro mau membahas tentang beberapa jenis lem kayu yang populer di kalangan pengrajin kayu.  Sebelum itu, banyaknya jenis lem kayu yang ada ditujukan untuk menyesuaikan kebutuhan bagi para pengrajin kayu, mulai dari butuh yang tahan solvent (cairan thiner) pada saat melakukan finishing, lem yang tahan air untuk kerajinan kayu eksterior, hingga kebutuhan launnya, Banyak banget kan? Hehehe    Beberapa Jenis Lem Kayu Yang Populer  Lem Alifatik  Jenis lem alifatik ini banyak digunakan para pengrajin kayu karena lem ini memiliki keunggulan yang sesuai untuk membuat kerajinan kayu yang ditempatkan di dalam ruangan, Lem ini berbeda dengan lem putih biasa, lem alifatik memiliki keunggulan yang cepar kering, hasil akhir sambungan kayu yang kuat, hingga punya perlindungan terhadap cairan solvent nih Sobat

Read More »
Arrow-up