Penting! Pertimbangkan Beberapa Macam Pintu Kayu Ini

pintu kayu

Mungkin kalian sudah tidak asing lagi dengan yang namanya pintu. Iya, pintu ini merupakan sebuah benda yang berfungsi untuk menutupi sekaligus membuat ruangan lebih terasa aman. Jika dilihat dari bahan yang digunakan, pintu memiliki berbagai macam bahan, mulai dari kayu, pvc, besi, dan bahan-bahan lainnya.

Bahan pembuatan pintu juga harus disesuaikan dengan penggunaannya, misalnya pintu berbahan kayu digunakan untuk pintu rumah atau pintu kamar tidur. Kalau kamu menggunakan pintu berbahan kayu di kamar mandi, hal tersebut tidak direkomendasikan, karena kayu pada dasarnya akan mengalami pelapukan jika terkena air secara terus menerus. Solusinya, gunakan pintu berbahan PVC agar daya tahannya lebih lama dan awet.

Sebagai salah satu bahan yang berasal dari alam, kayu sering kali menjadi pilihan untuk digunakan sebagai pintu kayu. Selain karena dapat memberikan suasana alami, kayu juga memiliki serat atau motif yang tidak dimiliki oleh bahan lainnya. Sehingga dapat dikatakan bahwa kayu menjadi bahan favorit dalam pembuatan pintu.

 

Macam-macam Pintu Kayu

Selain penggunaan kayu solid untuk pembuatan pintu, kayu olahan seperti mdf, triplek, dan lainnya juga bisa digunakan sebagai bahan pembuatan pintu loh. Nah, ini dia beberapa macam pintu kayu buat kalian yang lagi cari inspirasi, diantaranya:

1. Pintu Kayu

 

Lem kayu dan lem hpl Crona - Untitled Design 2021 04 20T230819.568 e1624432548804

Pintu kayu pastinya sudah sering kalian temui di banyak tempat, bener kan? Hehehe. Penggunaan pintu kayu bisa diletakkan di dalam maupun luar ruangan. Untuk bahan yang digunakan yang paling umum ditemukan yaitu berbahan kayu solid dan kayu olahan, salah satunya triplek.

Dalam pemilihan kayu solid pastikan kamu menggunakan kayu yang berkualitas, agar pintu kayu bisa awet dalam bertahun-tahun.

2. Pintu Plipit

Lem kayu dan lem hpl Crona - Untitled Design 2021 04 20T230856.761 e1624432661131

Pernah dengar pintu plipit? Plipit merupakan salah satu macam pintu yang disusun dari beberapa potongan kayu. Pintu plipit jarang ditemukan karena termasuk pintu dengan gaya tradisional. Umumnya, pintu plipit digunakan pada suatu kandang, gudang, hingga pintu belakang rumah.

3. Pintu Panel

Lem kayu dan lem hpl Crona - Untitled Design 2021 04 20T230913.465 e1624432610409

Pintu yang terbuat dari beberapa macam kayu olahan bisa disebut dengan pintu panel. Pintu yang satu ini terbuat dari blockboard, MDF, HDF, dan jenis kayu lainnya. Uniknya, pintu panel ini memiliki beberapa bingkai dalam satu lembar pintu. Hal ini bisa kamu kombinasikan dengan bahan kaca ya Sobat Crona.

4. Pintu Flush

pintu kayu

Untuk membuat pintu flush kamu membutuhkan rangka kayu solid atau bisa juga menggunakan kayu olahan (MDF / particle board, dan juga triplek). Untuk bagian luarnya, lapiskan pintu dengan finishing HPL, veneer, atau cat duco).

Pintu flush terasa lebih ringan dibandingkan dengan pintu sebelumnya, karena pada bagian tengah kosong atau tidak terisi kayu. Dilihat dari sisi penggunaannya, pintu flush lebih menunjukkan tampilan dari pintu dibandingkan dengan fungsinya.

 

Jadi, itu dia beberapa macam pintu yang bisa menjadi pertimbangan buat kamu yang lagi bingung pilih pintu yang seperti apa, hehehe

Semoga membantu ya!

 

Selanjutnya kamu bisa baca seputar jenis kayu untuk pembuatan pintu dan jendela

Table of Contents

Share on facebook
Facebook
Share on google
Google+
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on pinterest
Pinterest
Lem kayu

Lem Kayu Yang Paling Populer Di Kalangan Pengrajin Kayu

Kamu sedang mencari jenis lem kayu yang populer di dunia pengrajin kayu? Pas banget nih, kali ini MinCro mau membahas tentang beberapa jenis lem kayu yang populer di kalangan pengrajin kayu.  Sebelum itu, banyaknya jenis lem kayu yang ada ditujukan untuk menyesuaikan kebutuhan bagi para pengrajin kayu, mulai dari butuh yang tahan solvent (cairan thiner) pada saat melakukan finishing, lem yang tahan air untuk kerajinan kayu eksterior, hingga kebutuhan launnya, Banyak banget kan? Hehehe    Beberapa Jenis Lem Kayu Yang Populer  Lem Alifatik  Jenis lem alifatik ini banyak digunakan para pengrajin kayu karena lem ini memiliki keunggulan yang sesuai untuk membuat kerajinan kayu yang ditempatkan di dalam ruangan, Lem ini berbeda dengan lem putih biasa, lem alifatik memiliki keunggulan yang cepar kering, hasil akhir sambungan kayu yang kuat, hingga punya perlindungan terhadap cairan solvent nih Sobat

Read More »
Arrow-up