Olah Furniture Kayu Menjadi Barang Baru

Furniture kayu

Furniture berbahan kayu anda sudah terlihat usang atau bahkan rusak? Jangan segera buang barang-barang tersebut, karena furniture kayu anda dapat diolah serta dimanfaatkan menjadi barang baru yang bermanfaat.

Daur ulang dalam hal ini dapat berupa pemberian warna atau tampilan baru, dan juga dapat dialih fungsikan menjadi barang lain. Mengapa didaur ulang? karena kita harus mengurangi sampah serta memanfaatkan barang-barang yang masih dapat digunakan.

 

Daur Ulang Furniture

Jika anda belum mendapat inspirasi untuk mendaur ulang furniture, di bawah ini merupakan beberapa furniture kayu lama dan usang yang dapat gunakan kembali

1. Laci lemari

Lem kayu dan lem hpl Crona - diyjoy.com laci jadi rak
Sumber: diyjoy.com

Jika di rumah anda terdapat lemari yang sudah rusak, namun bagian laci masih dapat digunakan, ubahlah laci tersebut menjadi rak dinding yang menarik.

Rak dinding tersebut nantinya akan bermanfat sebagai tempat meletakan berbagai macam hiasan atau pajangan untuk menghiasi ruang tamu anda. Kemudian, cat ulang laci tersebut untuk menghilangkan tampilan kusam atau usang dan laci jadi terlihat seperti barang baru.

2. Rangka tempat tidur kayu

Lem kayu dan lem hpl Crona - diyjoy.com rangka kasur jadi bangku
Sumber: diyjoy.com

Bosan dengan penggunaan rangka tempat tidur kayu? atau ingin meletakkan kasur langsung di lantai? Jika iya, sekarang ini adalah saatnya anda untuk mengubah rangka tempat tidur menjadi sebuah bangku yang dapat digunakan untuk bersantai di rumah.

Pastikan kayu rangka tempat tidur ini masih kuat ya, agar jika setelah diubah fungsinya menjadi bangku tidak mereyot atau rusak.

3. Jendela

Lem kayu dan lem hpl Crona - diyjoy.com Jendela jadi bingkai foto
Sumber: diyjoy.com

Pada saat membangun atau merenovasi rumah, lalu anda ingin mengganti jendela dengan model baru, pastikan anda tidak langsung membuang jendela lama anda, mengapa? karena jendela tersebut dapat berguna untuk menjadi benda lain, seperti bingkai foto yang besar.

Penggunaan bingkai foto ini dapat menghiasi ruang tamu anda dengan memori atau kenangan yang terjadi dalam foto-foto tersebut.

4. Meja rias

Lem kayu dan lem hpl Crona - housebeautiful.com meja rias sebelum
Sumber: housebeautiful.com

 

Lem kayu dan lem hpl Crona - housebeautiful.com meja rias Setelah
Sumber: housebeautiful.com

Memiliki meja rias tentunya menjadi sebuah kebutuhan bagi anda yang sering berdandan (make up), karena alat-alat make yang banyak tidak dapat diletakkan pada tempat yang kecil, sehingga meja rias menjadi furniture yang dibutuhkan. Tetapi, bagaimana jika meja rias tersebut sudah rusak? jangan dibuang dulu ya, meja rias tersebut bisa dijadikan wastafel loh!

Bagus kan? dengan pengecatan ulang, lalu menambahkan instalasi wastafel, meja rias anda akan berubah fungsinya dan menjadi terlihat baru

5. Lemari pakaian

Lem kayu dan lem hpl Crona - housebeautiful.com lemari 1 sebelum
Sumber: housebeautiful.com
Lem kayu dan lem hpl Crona - housebeautiful.com lemari 1 setelah
Sumber: housebeautiful.com

Jika sebelumnya hanya laci lemari yang digunakan, sekarang furniture yang dapat anda gunakan kembali yaitu lemari pakaian anda. Lemari seperti ini terlalu sayang untuk dibuang. Walaupun anda ingin mengganti dengan yang baru, pertahankan lemari ini di rumah anda, lalu alihfungsikan menjadi meja kerja yang eye-catching.

Dengan begitu anda akan memiliki meja kerja baru serta lemari baru yang akan anda beli.

 

Itu dia beberapa inspirasi daur ulang furniture yang dapat anda aplikasikan di rumah. Dari beberapa poin diatas, mana yang menjadi favorit anda?

Table of Contents

Share on facebook
Facebook
Share on google
Google+
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on pinterest
Pinterest
Lem kayu

Lem Kayu Yang Paling Populer Di Kalangan Pengrajin Kayu

Kamu sedang mencari jenis lem kayu yang populer di dunia pengrajin kayu? Pas banget nih, kali ini MinCro mau membahas tentang beberapa jenis lem kayu yang populer di kalangan pengrajin kayu.  Sebelum itu, banyaknya jenis lem kayu yang ada ditujukan untuk menyesuaikan kebutuhan bagi para pengrajin kayu, mulai dari butuh yang tahan solvent (cairan thiner) pada saat melakukan finishing, lem yang tahan air untuk kerajinan kayu eksterior, hingga kebutuhan launnya, Banyak banget kan? Hehehe    Beberapa Jenis Lem Kayu Yang Populer  Lem Alifatik  Jenis lem alifatik ini banyak digunakan para pengrajin kayu karena lem ini memiliki keunggulan yang sesuai untuk membuat kerajinan kayu yang ditempatkan di dalam ruangan, Lem ini berbeda dengan lem putih biasa, lem alifatik memiliki keunggulan yang cepar kering, hasil akhir sambungan kayu yang kuat, hingga punya perlindungan terhadap cairan solvent nih Sobat

Read More »
Arrow-up