Musim Hujan Datang, Bagaimana Kondisi Pintu Kayu?

Sumber: pixabay.com

Sebagai seorang yang sudah lama bergelut dengan dunia perkayuan, tentunya pengrajin kayu sudah melewati banyak permasalahan yang timbul pada kayunya. Mulai dari fisik kayu yang tidak sesuai ekspektasi, sulitnya pengolahan jenis kayu tertentu, hingga permasalahan yang dipengaruhi oleh alam, seperti cuaca.

Cuaca menjadi salah satu permasalahan yang dapat dirasakan oleh para pengguna kayu, baik dari pengrajin kayu, maupun masyarakat yang pada umumnya juga menggunakan bahan kayu di dalam rumahnya, seperti meja, kursi, kusen, hingga pintu.

 

Pengaruh cuaca pada kayu

Lem kayu dan lem hpl Crona - sky 592415 1920 e1604856130588
Sumber: pixabay.com

Cuaca yang dimaksud dalam hal ini yaitu perubahan cuaca yang berlangsung. Kenapa ini jadi masalah MinCro? Karena adanya perubahan cuaca dapat membuat kayu memuai dan menyusut. Pemuaian atau penyusutan kayu pada saat perubahan cuaca sering ditemui pada pintu kayu. Kalau kamu pernah merasa kesulitan dalam menutup atau membuka pintu, kemungkinan penyebabnya yaitu dari adanya perubahan cuaca.

Jika dilihat pada musim hujan saat ini, tidak menutup kemungkinan kalau pintu kamu akan sulit terbuka dan tertutup, karena kadar air dari kayu meningkat dan membuat kayu menjadi memuai. Setelah musim hujan berakhir, kadar air kayu akan mengering dan kayu kamu akan mengalami penyusutan.

 

Bagaimana solusinya?

Menghadapi pintu yang sulit dibuka atau ditutup memang agak menyebalkan ya. Tetapi kamu jangan khawatir, berikut ini beberapa cara menangani pintu yang memuai diantaranya yaitu

1. Menjemur pintu kayu

Lem kayu dan lem hpl Crona - light 1282314 1920 e1604855864664
Sumber: pixabay.com

Walaupun musim hujan sudah datang, kamu dapat memanfaatkan waktu dimana matahari bersinar terang untuk mengeringkan pintu kayu kamu. Agar kadar air pada pintu kayu dapat berkurang, dan kamu dapat menambahkan cairan pelapis kayu untuk mengurangi kadar air yang masuk

2. Menyerut pintu kayu

Lem kayu dan lem hpl Crona - tools 5438482 1920 e1604855908862
Sumber: pixabay.com

Beberapa orang menggunakan cara ini untuk memperbaiki pintu mereka yang ‘seret’ atau susah dibuka dan ditutup. Tetapi, penggunaan cara ini dapat membuat jarak antar kayu menjadi terlalu longgar, karena pada musim panas, kayu akan menyusut kembali.

3. Mengganti jenis kayu yang lebih baik

Lem kayu dan lem hpl Crona - commons.wikimedia.org 1280px Teak wood e1604855965224
Sumber: commons.wikimedia.org

Jika kamu memiliki dana lebih dan ingin membuat pintu kayu kamu dapat cepat kembali seperti semula, kamu dapat membeli pintu kayu yang berasal dari kayu solid, seperti kayu jati, mahoni, merbau, ulin dan lainnya. Tetapi tetap pastikan bahwa pintu yang kamu beli sudah melalui proses pengeringan (oven) dengan baik, agar kayu tetap awet.

 

Itu dia penjelasan mengenai pintu kayu pada saat musim hujan dan cara mengatasinya. Semoga membantu yaa

Table of Contents

Share on facebook
Facebook
Share on google
Google+
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on pinterest
Pinterest
Lem kayu

Lem Kayu Yang Paling Populer Di Kalangan Pengrajin Kayu

Kamu sedang mencari jenis lem kayu yang populer di dunia pengrajin kayu? Pas banget nih, kali ini MinCro mau membahas tentang beberapa jenis lem kayu yang populer di kalangan pengrajin kayu.  Sebelum itu, banyaknya jenis lem kayu yang ada ditujukan untuk menyesuaikan kebutuhan bagi para pengrajin kayu, mulai dari butuh yang tahan solvent (cairan thiner) pada saat melakukan finishing, lem yang tahan air untuk kerajinan kayu eksterior, hingga kebutuhan launnya, Banyak banget kan? Hehehe    Beberapa Jenis Lem Kayu Yang Populer  Lem Alifatik  Jenis lem alifatik ini banyak digunakan para pengrajin kayu karena lem ini memiliki keunggulan yang sesuai untuk membuat kerajinan kayu yang ditempatkan di dalam ruangan, Lem ini berbeda dengan lem putih biasa, lem alifatik memiliki keunggulan yang cepar kering, hasil akhir sambungan kayu yang kuat, hingga punya perlindungan terhadap cairan solvent nih Sobat

Read More »
Arrow-up