Menyambung Kayu Tanpa Klem? Siapa Takut!

Kayu dapat dibentuk menjadi berbagai macam kerajinan yang menarik. Kerajinan kayu ini dibuat dengan beberapa cara mulai dari memahat kayu, hingga menyambung kayu satu dengan beberapa kayu lainnya.

Penyambungan kayu, menjadi salah satu proses yang banyak dilalui oleh pengrajin kayu dalam membuat proyek atau karya mereka. Untuk penyambungan kayu sendiri, terdapat beberapa teknik penyambungan yang dapat kamu gunakan, mulai dari yang mudah, seperti sambungan kayu langsung (butt joint), mortise and tenon, hingga sambungan ekor burung (dove tail).

Beberapa penyambungan kayu tersebut membutuhkan lem agar rekatan antar kayu semakin kuat. Eiitttsss, pastiin kamu pakai lem berkualitas seperti Lem Crona yaa. Oke lanjut, jika proses pengeleman kayu sudah dilakukan, kamu akan membutuhkan alat penjepit kayu klem (clamp) agar hasil semakin maksimal.

“kalo ga punya gimana MinCro?” tenang aja, ada beberapa alternatif penyambungan kayu tanpa klem kok!

 

Alternatif Menyambung Kayu Tanpa Klem

1. Menggosokan kayu

Cara pertama yang dapat kamu lakukan yaitu, menyambungkan kayu dengan cara digosok, dimana penyambungan kayu dilakukan dengan cara menggosokkan sisi kayu yang satu dengan sisi lainnya sampai pergerakkan gesekan kayu terasa kesat. Setelah itu, pastikan sisi kayu sudah rata, lalu diamkan hingga beberapa waktu sampai lem mengering dengan sempurna.

2. Membuat catok klem sendiri

Berikutnya yaitu membuat klem manual, caranya gunakan paku sebuah kayu pada beberapa sisi dari beberapa kayu yang sudah diberi lem. Jika masih ada ruang tersisa, tambahkan potongan kayu untuk mengisi ruang tersebut.

3. Menggunakan karet ban dalam

Jika di dunia otomotif ban dalam digunakan untuk menambal ban, hal ini berbeda di dalam dunia perkayuan. Kamu dapat memanfaatkan ban dalam untuk dijadikan sebagai pengganti klem atau penjepit kayu.

Caranya yaitu, ikat kayu-kayu yang sudah dilem menggunakan ban dalam. Jika dirasa satu ikatan tidak cukup, ikat beberapa bagian lainnya. Lakukan hal ini seperti saat kamu membutuhkan klem kayu.

 

Itu dia beberapa cara menyambungkan kayu tanpa klem. Semoga info ini bermanfaat dan selamat berkreasi dengan Lem Crona!

Table of Contents

Share on facebook
Facebook
Share on google
Google+
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on pinterest
Pinterest
Lem kayu

Lem Kayu Yang Paling Populer Di Kalangan Pengrajin Kayu

Kamu sedang mencari jenis lem kayu yang populer di dunia pengrajin kayu? Pas banget nih, kali ini MinCro mau membahas tentang beberapa jenis lem kayu yang populer di kalangan pengrajin kayu.  Sebelum itu, banyaknya jenis lem kayu yang ada ditujukan untuk menyesuaikan kebutuhan bagi para pengrajin kayu, mulai dari butuh yang tahan solvent (cairan thiner) pada saat melakukan finishing, lem yang tahan air untuk kerajinan kayu eksterior, hingga kebutuhan launnya, Banyak banget kan? Hehehe    Beberapa Jenis Lem Kayu Yang Populer  Lem Alifatik  Jenis lem alifatik ini banyak digunakan para pengrajin kayu karena lem ini memiliki keunggulan yang sesuai untuk membuat kerajinan kayu yang ditempatkan di dalam ruangan, Lem ini berbeda dengan lem putih biasa, lem alifatik memiliki keunggulan yang cepar kering, hasil akhir sambungan kayu yang kuat, hingga punya perlindungan terhadap cairan solvent nih Sobat

Read More »
Arrow-up