Mengenal Papan Selancar Kayu, Lem Apakah Yang Digunakan?

Sumber: unsplash.com

Tahukah kamu apa itu papan surfing atau papan selancar? Iya, benda yang satu ini sering digunakan oleh peselancar untuk belajar, meningkatkan kemampuan berselancar, serta menjalankan hobi mereka.

Pada umumnya, beberapa orang mengenal bahwa papan surfing memiliki jenis seperti papan selancar material fiber glass ataupun papan selancar epoxy. Namun, jika dicari tahu lebih lanjut pembuatan papan selancar pertama kali dibuat dari bahan material kayu. Selain itu, walaupun dianggap sebagai papan selancar tradisional, papan selancar kayu ini masih di produksi sampai saat ini loh, Sobat Crona.

 

Bisnis Papan Surfing

Jika kamu seorang pengrajin kayu, tidak ada salahnya membuat papan selancar kayu untuk dijual dan menjadi bisnis yang menarik, karena terdapat pengrajin kayu dari Indonesia yang sudah memiliki bisnis penjualan papan selancar hingga ke beberapa negara, keren kan?

Untuk pembuatan papan selancar kayu, kamu bisa menggunakan kayu lunak ataupun kayu keras dapat digunakan untuk membuat papan surfing yang menarik. Untuk jenis kayu lunak gunakanlah kayu pinus, kayu balsa, cedar, dan beberapa kayu lainnya. Sedangkan, jika menggunakan jenis kayu keras gunakanlah kayu oak, mahoni, eboni, dan beberapa jenis kayu keras lainnya.

 

Pembuatan papan selancar kayu ini secara singkat dapat dimulai dari:

Mengutip dari situs instructables.com, di bawah ini merupakan langkah-langkah pembuatan papan surfing kayu

  1. Membuat model serta ukuran yang diinginkan
  2. Jika satu papan kayu tidak memiliki kelebaran yang cukup, sambungkan dengan kayu lainnya menggunakan lem kayu
  3. Buat kerangka papan selancar kayu

 

Lem kayu dan lem hpl Crona - instructables.com F441T7HHS80FMDL e1600695630170
Sumber: instructables.com

 

  1. Rekatkan kerangka-kerangka papan selancar tersebut menggunakan lem dan dibantu dengan clamp

 

Lem kayu dan lem hpl Crona - instructables.com FWF8EVDHS80FMPM e1600695709634
Sumber: instructables.com

 

  1. Tunggu hingga lem benar-benar mengering, untuk mendapatkan hasil akhir yang bagus

 

Lem kayu dan lem hpl Crona - instructables.com F2I58QOHS80FNA3 scaled e1600695859332
Sumber: instructables.com

 

Perlu diperhatikan, langkah-langkah diatas merupakan proses pembuatan papan surfing kayu secara singkat ya. Pastikan kamu membuat papan surfing kayu dengan tepat ya, agar tidak membahayakan penggunanya.

 

MinCro, produk Crona apa yang dapat membantu pembuatan papan surfing dari kayu?

Untuk hal ini, kamu dapat menggunakan lem Crona PU 888 yang dapat digunakan pada kayu-kayu yang dijadikan sebagai bahan pembuatan papan surfing seperti yang telah disebutkan diatas.

 

Walaupun Crona PU 888 dibuat khusus untuk penggunaan kayu basah, lem ini juga dapat digunakan pada kayu kering yang akan sering bersentuhan dengan air. Beberapa keunggulan yang dimiliki oleh lem Crona PU 888 yaitu

  1. Memiliki daya rekat yang kuat
  2. Cepat kering
  3. Tahan panas
  4. Bebas formalin

 

Jadi, tunggu apalagi? Ayo beli lem Crona PU 888 sekarang juga!

Untuk mengecek lokasi toko partner Crona dapat diakses melalui menu Crona, ataupun dapat melalui link berikut ini biolinky.co/crona

Buruan, jangan sampai kehabisaaannnnnn!!!

Table of Contents

Share on facebook
Facebook
Share on google
Google+
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on pinterest
Pinterest
Lem kayu

Lem Kayu Yang Paling Populer Di Kalangan Pengrajin Kayu

Kamu sedang mencari jenis lem kayu yang populer di dunia pengrajin kayu? Pas banget nih, kali ini MinCro mau membahas tentang beberapa jenis lem kayu yang populer di kalangan pengrajin kayu.  Sebelum itu, banyaknya jenis lem kayu yang ada ditujukan untuk menyesuaikan kebutuhan bagi para pengrajin kayu, mulai dari butuh yang tahan solvent (cairan thiner) pada saat melakukan finishing, lem yang tahan air untuk kerajinan kayu eksterior, hingga kebutuhan launnya, Banyak banget kan? Hehehe    Beberapa Jenis Lem Kayu Yang Populer  Lem Alifatik  Jenis lem alifatik ini banyak digunakan para pengrajin kayu karena lem ini memiliki keunggulan yang sesuai untuk membuat kerajinan kayu yang ditempatkan di dalam ruangan, Lem ini berbeda dengan lem putih biasa, lem alifatik memiliki keunggulan yang cepar kering, hasil akhir sambungan kayu yang kuat, hingga punya perlindungan terhadap cairan solvent nih Sobat

Read More »
Arrow-up