Mengapa Banyak Yang Menggunakan Plywood? Ini Dia Alasannya!

Sumber: commons.wikimedia.org

Mengenal Plywood

Tahukah kamu apa itu plywood? Plywood merupakan salah satu jenis kayu lapis yang memiliki lapisan-lapisan dari kayu solid, atau dapat dikatakan dengan kayu olahan dari penggabungan dari kayu lunak dan kayu keras yang diberi tekanan dari mesin press kayu.

Lem kayu dan lem hpl Crona - flickr.com 3048343704 9f503bf160 o
Sumber: flickr.com

Plywood dikenal sebagai salah satu kayu olahan yang memiliki kualitas yang baik dibandingkan dengan jenis kayu olahan lainnya. Tetapi, hal ini diikuti oleh ketebalan plywood yang digunakan untuk membuat sebuah proyek yang tepat.

Aplikasi penggunaan plywood

Lem kayu dan lem hpl Crona - flickr.com 4480598254 57145f2e3e k e1602082940683
Sumber: flickr.com

Penggunaan plywood dapat kita temukan dalam bentuk furniture seperti meja, kursi, ataupun dalam bentuk kerajinan tangan seperti membuat sebuah box atau kotak

 

Alasan Plywood Banyak Digunakan Pengrajin Kayu

Lem kayu dan lem hpl Crona - commons.wikimedia.org Sandakan Sabah Plywood Factory 55 1
Sumber: commons.wikimedia.org

Dari banyaknya penggunaan plywood dalam dunia perkayuan, tahukah kamu mengapa plywood menjadi salah satu kayu olahan yang banyak digunakan oleh pengrajin kayu? Berikut ini merupakan beberapa alasannya:

1. Memiliki kekuatan yang lebih baik dari particle board

Plywood terbuat dari kayu-kayu solid, sehingga memiliki kekuatan yang lebih baik untuk menahan paku atau skrup dibandingkan dengan particle board.

2. Memiliki permukaan datar

Beberapa pengrajin kayu terkadang ingin memilih plywood karena plywood memiliki permukaan datar. Permukaan kayu yang seperti ini akan memudahkan pengrajin kayu untuk memasang HPL atau PVC Sheet.

3. Dapat menjaga keberlangsungan alam

Pada lapisan tengah plywood menggunakan bahan dari kayu lunak, sedangkan untuk bagian lainnya menggunakan kayu keras. Sehingga dalam hal ini penggunaan kayu keras sedikit berkurang karena adanya pembuatan plywood.

Mengapa penggunaan kayu keras diusahakan tidak terlalu banyak? Alasannya, karena pertumbuhan kayu keras yang berlangsung lama hingga mencapai 25 tahun untuk dapat ditebang, sedangkan kayu lunak seperti sengon, albasia, dan lainnya untuk kisaran waktu 5 tahun sudah dapat ditebang.

4. Lebih Efisien

Hal ini berkaitan dengan penggunaan kayu solid murni yang memiliki durasi yang lama untuk tumbuh, sehingga pemilihan plywood menjadi pilihan yang tepat, karena plywood dapat dikatakan lebih siap diproses dibandingkan dengan kayu solid murni.

 

Itu dia beberapa alasan yang menjawab persoalan banyaknya orang yang menggunakan plywood dalam aktivitas perkayuan.

Semoga dapat bermanfaat buat kamu ya, Sobat Crona!

 

Untuk selanjutnya kamu dapat membaca tentang pembagian jenis kayu berdasarkan keawetannya atau perbedaan kayu keras dan kayu lunak yaa

Table of Contents

Share on facebook
Facebook
Share on google
Google+
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on pinterest
Pinterest
Lem kayu

Lem Kayu Yang Paling Populer Di Kalangan Pengrajin Kayu

Kamu sedang mencari jenis lem kayu yang populer di dunia pengrajin kayu? Pas banget nih, kali ini MinCro mau membahas tentang beberapa jenis lem kayu yang populer di kalangan pengrajin kayu.  Sebelum itu, banyaknya jenis lem kayu yang ada ditujukan untuk menyesuaikan kebutuhan bagi para pengrajin kayu, mulai dari butuh yang tahan solvent (cairan thiner) pada saat melakukan finishing, lem yang tahan air untuk kerajinan kayu eksterior, hingga kebutuhan launnya, Banyak banget kan? Hehehe    Beberapa Jenis Lem Kayu Yang Populer  Lem Alifatik  Jenis lem alifatik ini banyak digunakan para pengrajin kayu karena lem ini memiliki keunggulan yang sesuai untuk membuat kerajinan kayu yang ditempatkan di dalam ruangan, Lem ini berbeda dengan lem putih biasa, lem alifatik memiliki keunggulan yang cepar kering, hasil akhir sambungan kayu yang kuat, hingga punya perlindungan terhadap cairan solvent nih Sobat

Read More »
Arrow-up