Memulai Bisnis Perkayuan? Baca Tips-Tips Penting Berikut Ini!

Sumber: pxhere.com

Sedang menekuni dunia perkayuan? Manfaatkan dunia perkayuan menjadi ladang usaha kamu, karena dunia perkayuan nyatanya tidak lekang oleh waktu. Material kayu banyak sekali digunakan di berbagai macam fungsi, mulai dari dijadikan bahan konstruksi rumah, membuat furniture, hiasan kayu, hingga souvenir berbahan kayu yang disukai oleh orang banyak.

 

Bagaimana memulai usaha di bidang perkayuan?

Lem kayu dan lem hpl Crona - blaz erzetic 6BIfDxtRLCk unsplash scaled e1602174157261
Sumber: unsplash.com

Jika kamu ingin atau sedang menekuni dunia perkayuan, buatlah hasil-hasil karya kamu dapat berfungsi sebagai pemasukan keuangan kamu. Walaupun masih pemula pun, kamu tetap dapat memiliki peluang untuk membuka usaha di bidang perkayuan.

 

Beberapa tips untuk memulai usaha di bidang perkayuan, diantaranya:

1.      Memiliki Modal

Lem kayu dan lem hpl Crona - charles deluvio GlavtG umzE unsplash scaled e1602173091401
Sumber: unsplash.com

Jika membahas tentang memulai usaha, hal yang pertama dipikirkan yaitu modal usaha. Modal usaha berkaitan dengan membeli peralatan kayu dan matrialnya, menyewa tempat usaha atau workshop, menggunakan tenaga orang lain untuk membantu, biaya listrik yang harus dibayar, hingga hal-hal lainnya yang berkaitan dengan uang.

Pada tahap ini kamu harus benar-benar memperhitungkan biaya yang akan dikeluarkan serta kisaran harga jual dari karya yang kamu buat

 

2.      Perencanaan

Lem kayu dan lem hpl Crona - joanna kosinska 1 CMoFsPfso unsplash scaled e1602173570454
Sumber: unsplash.com

Karena pada tahap ingin memulai usaha dibidang perkayuan, pastikan kamu sudah menentukan jenis barang kayu apa yang akan kamu buat dan dijual ke pelanggan. Penentuan jenis barang kayu ini disesuaikan dengan kemampuan kamu saat ini, misalnya jika kamu masih pemula, buatlah karya yang sederhana, berguna, dan tentunya memiliki keunikan tersendiri dibandingkan dengan yang lainnya.

Semakin banyak kamu mengerjakan sebuah proyek, maka kemungkinan besar kemampuan kamu akan semakin bertambah, terlebih lagi jika kamu mengikuti grup atau komunitas perkayuan untuk berdiskusi tentang permasalahan dalam proses membuat kerajinan kayu.

 

3.      Pastikan Workshop Siap Digunakan

Lem kayu dan lem hpl Crona - adam patterson v13x0qU4afA unsplash scaled e1602172461167
Sumber: unsplash.com

Hal yang dimaksud adalah workshop atau ruang tempat kamu melakukan kegiatan perkayuan sudah memiliki alat-alat perkayuan, setidaknya memiliki alat-alat yang penting terlebih dahulu. Mulai dari pemotongan, pengamplasan, hingga proses pewarnaan atau finishing akhir lainnya.

Selain itu, jika pada workshop kamu memiliki mesin yang mengeluarkan bunyi yang kencang, pastikan orang-orang disekitar kamu tidak akan terganggu karena bunyi yang dihasilkan oleh mesin.

 

4.      Pemasaran Serta Penjualan Karya

Lem kayu dan lem hpl Crona - camilo jimenez qZenO gQ7QA unsplash scaled e1602173262956
Sumber; unsplash.com

Pada zaman sekarang ini, sebagian besar orang beralih ke dunia digital seperti media sosial. Untuk itu, kamu harus memanfaatkan dunia digital ini untuk memasarkan serta menjual hasil karya kamu. Hal ini dapat membuat hasil karya kamu dijual hingga ke negara lain loh.

Tetapi, kamu juga memiliki opsi lain seperti memasarkan produk ke daerah sekitar dengan cara memberi tahu orang sekitar mengenai usaha yang sedang kamu jalani, ataupun menggunakan spanduk pada toko/workshop.

 

5.      Pengemasan produk

Lem kayu dan lem hpl Crona - pixabay.com scissors 1986602 1920 e1602174074149
Sumber: pixabay.com

Untuk menumbuhkan rasa kepercayaan pelanggan terhadap barang yang kamu jual, usahakan kamu memiliki pengemasan yang baik untuk hasil karya kayu kamu, terutama jika penjualan sudah memasuki ke luar daerah kamu. Sehingga, kamu membutuhkan pengemasan yang sangat baik seperti menggunakan bubble warp hingga ditambahkan kardus atau kemasan berbentuk kayu.

Tujuannya agar barang yang kamu jual dan kirimkan tetap berada dalam kondisi yang bagus seperti sebelum pengiriman. Jika kamu sudah memberikan pelayanan dan pengemasan yang baik, kemungkinan rasa kepercayaan pelanggan terhadap produk kamu semakin bertambah dan para pelanggan akan melakukan pembelian berulang.

 

Itu dia beberapa tips penting yang dapat digunakan dalam bisnis perkayuan kamu. Semoga artikel ini membantu yaaa

Table of Contents

Share on facebook
Facebook
Share on google
Google+
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on pinterest
Pinterest
Lem kayu

Lem Kayu Yang Paling Populer Di Kalangan Pengrajin Kayu

Kamu sedang mencari jenis lem kayu yang populer di dunia pengrajin kayu? Pas banget nih, kali ini MinCro mau membahas tentang beberapa jenis lem kayu yang populer di kalangan pengrajin kayu.  Sebelum itu, banyaknya jenis lem kayu yang ada ditujukan untuk menyesuaikan kebutuhan bagi para pengrajin kayu, mulai dari butuh yang tahan solvent (cairan thiner) pada saat melakukan finishing, lem yang tahan air untuk kerajinan kayu eksterior, hingga kebutuhan launnya, Banyak banget kan? Hehehe    Beberapa Jenis Lem Kayu Yang Populer  Lem Alifatik  Jenis lem alifatik ini banyak digunakan para pengrajin kayu karena lem ini memiliki keunggulan yang sesuai untuk membuat kerajinan kayu yang ditempatkan di dalam ruangan, Lem ini berbeda dengan lem putih biasa, lem alifatik memiliki keunggulan yang cepar kering, hasil akhir sambungan kayu yang kuat, hingga punya perlindungan terhadap cairan solvent nih Sobat

Read More »
Arrow-up