Material Pengganti Triplek, Ini Dia PVC Foam Board!

Seperti yang kita tahu, teknologi dan inovasi akan terus berkembang sepanjang waktu, termasuk dalam hal material. Material yang sejak dulu sudah banyak digunakan oleh masyarakat diantaranya yaitu kayu, besi, alumunium, kaca, dan beberapa material lainnya. Tetapi, akhir-akhir ini ada material alternatif lain yang bisa kamu gunakan, salah satunya yaitu PVC foam board.

PVC foam board yaitu material padat yang memiliki permukaan yang licin dan berwarna putih. Selain itu, pada lapisannya terdapat foam atau busa sehingga material ini lebih ringan tetapi tetap memiliki kekuatan. PVC foam board pada umumnya tidak dibuat dengan bahan-bahan yang berbahaya atau dapat dikatakan juga dengan ramah lingkungan serta aman untuk kesehatan makhluk hidup.

 

Karakteristik PVC Foam Board

Material yang satu ini menjadi salah satu material yang banyak digunakan orang, karena PVC foam board memiliki beberapa karakteristik, diantaranya yaitu:

1. Tahan air

PVC foam board tahan terhadap air, karena bahannya sendiri terbuat dari plastik PVC.

2. Tahan terhadap perubahan suhu dan cuaca

Pada beberapa material lain ditemukan bahwa mereka tidak tahan terhadap perubahan suhu dan cuaca, seperti kayu yang memiliki kualitas yang cukup hingga kurang baik. Namun, PVC foam board ini dapat bertahan terhadap perubahan suhu dan di segala cuaca. Hal ini dapat dibuktikan dengan PVC foam board tidak mengalami pelapukan ataupun berkarat.

3. Kaku

Lem kayu dan lem hpl Crona - Untitled design 2021 03 08T010956.820 e1615140898732

Dapat dikatakan bahwa PVC foam board terbilang kaku, apalagi jika memiliki ketebalan yang tinggi. Jika pada ketebalan 3 mm, PVC foam board agak terasa lentur. Walaupun kaku, proses pemotongan PVC foam board dapat dilakukan dengan mudah dengan menggunakan cutter.

4. Bobot ringan

Karena terbuat dari bahan PVC dan juga terdapat foam atau busa, membuat material yang satu ini memiliki bobot yang ringan. Sehingga mudah dipindahkan ke tempat lain. Bobot ringan bukan berarti tidak kuat ya. Material ini cukup kuat kok, terbukti dapat digunakan sebagai pengganti triplek hingga akrilik.

5. Permukaan licin

Jika kamu menemukan PVC foam board, kamu akan mengetahui tekstur permukaan kedua sisinya yang licin. Bagi sebagian orang, hal ini menjadi salah satu keunggulan dari penggunaan foam board, karena lebih mudah dilakukan finishing tanpa dempul atau bahkan tanpa melakukan finishing juga sudah terlihat bagus.

 

Itu dia beberapa karakteristik dari PVC foam board. Bagaimana menurut kamu? Apakah kamu setuju penggunaan alternatif dari triplek atau akrilik ini?

Table of Contents

Share on facebook
Facebook
Share on google
Google+
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on pinterest
Pinterest
Lem kayu

Lem Kayu Yang Paling Populer Di Kalangan Pengrajin Kayu

Kamu sedang mencari jenis lem kayu yang populer di dunia pengrajin kayu? Pas banget nih, kali ini MinCro mau membahas tentang beberapa jenis lem kayu yang populer di kalangan pengrajin kayu.  Sebelum itu, banyaknya jenis lem kayu yang ada ditujukan untuk menyesuaikan kebutuhan bagi para pengrajin kayu, mulai dari butuh yang tahan solvent (cairan thiner) pada saat melakukan finishing, lem yang tahan air untuk kerajinan kayu eksterior, hingga kebutuhan launnya, Banyak banget kan? Hehehe    Beberapa Jenis Lem Kayu Yang Populer  Lem Alifatik  Jenis lem alifatik ini banyak digunakan para pengrajin kayu karena lem ini memiliki keunggulan yang sesuai untuk membuat kerajinan kayu yang ditempatkan di dalam ruangan, Lem ini berbeda dengan lem putih biasa, lem alifatik memiliki keunggulan yang cepar kering, hasil akhir sambungan kayu yang kuat, hingga punya perlindungan terhadap cairan solvent nih Sobat

Read More »
Arrow-up