Lem Kayu Membekas Di Permukaan? Hilangkan Pakai Cara Ini!

Kebutuhan adanya kayu, akan tetap ada dari masa ke masa, termasuk pada saat ini. Walaupun seiring berjalannya waktu, muncul material lain, kayu tetap dicari karena memiliki kesan natural atau alami dibandingkan dengan material lainnya.

Pada saat membuat kerajinan kayu, para pengrajin pada umumnya memilih lem kayu untuk merekatkan kayu yang satu dengan yang lainnya. Penggunaan lem kayu ini, bukan hanya sekedar menempelkan sisi kayu yang satu dengan yang lain, tetapi ada beberapa teknik penyambungan kayu yang juga membutuhkan lem agar rekatan kayunya semakin kuat. Beberapa teknik penyambungan kayu diantaranya yaitu sambungan ekor burung (dove tails joint), sambungan kayu lidah dan alur, sambungan kayu purus lubang, dan beberapa teknik penyambungan kayu lainnya.

Selain itu, ada juga teknik penyambungan kayu yang membutuhkan benda lain, selain lem, seperti dowel. Dowel merupakan benda penyambung antar dua objek yang memiliki bentuk silindris. Bahan yang digunakan untuk membuat dowel yaitu kayu, plastik ataupun logam. Penyambungan kayu dengan teknik sebelumnya dan dengan menggunakan dowel tentunya membutuhkan lem agar kerajinan kayu yang dihasilkan semakin merekat kuat.

Dari banyaknya proses membuat kerajinan kayu, penggunaan lem sering sekali digunakan ya. Tetapi kalau lem yang kita gunakan membekas di permukaan kayu, gimana cara mengatasinya MinCro?

 

Bahan Untuk Menghilangkan Bekas Lem Pada Permukaan Kayu

1. Cuka

Membersihkan bekas lem pada permukaan kayu bisa kamu lakukan dengan menggunakan bahan yang mudah didapatkan, seperti cuka. Cuka ini berfungsi sebagai cairan yang digunakan untuk merendam kain atau lap. Setelah itu, peras kain yang sudah direndam dan gunakan untuk menghilangkan sisa atau bekas lem yang terlihat pada permukaan kayu.

2. Aseton

Cara penggunaan aseton ini hampir sama dengan penggunaan cuka. Perbedaannya yaitu penggunaan aseton lebih dikhususkan untuk lem yang memiliki bahan dasar minyak atau solvent. Sedangkan untuk lem berbahan dasar air, kamu bisa menggunakan kain yang direndam di dalam air hangat.

3. Amplas

Benda yang satu ini juga dapat kamu manfaatkan untuk menghilangkan bekas lem pada kayu. Caranya, pertama-tama gosokkan amplas kayu yang memiliki grit 600 sampai permukaan kayu menjadi lebih rata. Lalu, amplas kayu pada area bekas lem pakai amplas grit 1200 sampai bekas lem berkurang dan menghilang.

 

Setelah menggunakan beberapa benda diatas, kamu dapat melakukan finishing ulang jika diperlukan untuk kerajinan kayu kamu.

Gampang kan? Tunggu tips-tips selanjutnya ya!

Table of Contents

Share on facebook
Facebook
Share on google
Google+
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on pinterest
Pinterest
Lem kayu

Lem Kayu Yang Paling Populer Di Kalangan Pengrajin Kayu

Kamu sedang mencari jenis lem kayu yang populer di dunia pengrajin kayu? Pas banget nih, kali ini MinCro mau membahas tentang beberapa jenis lem kayu yang populer di kalangan pengrajin kayu.  Sebelum itu, banyaknya jenis lem kayu yang ada ditujukan untuk menyesuaikan kebutuhan bagi para pengrajin kayu, mulai dari butuh yang tahan solvent (cairan thiner) pada saat melakukan finishing, lem yang tahan air untuk kerajinan kayu eksterior, hingga kebutuhan launnya, Banyak banget kan? Hehehe    Beberapa Jenis Lem Kayu Yang Populer  Lem Alifatik  Jenis lem alifatik ini banyak digunakan para pengrajin kayu karena lem ini memiliki keunggulan yang sesuai untuk membuat kerajinan kayu yang ditempatkan di dalam ruangan, Lem ini berbeda dengan lem putih biasa, lem alifatik memiliki keunggulan yang cepar kering, hasil akhir sambungan kayu yang kuat, hingga punya perlindungan terhadap cairan solvent nih Sobat

Read More »
Arrow-up