Kayu Keras dan Kayu Lunak, Apa Bedanya?

Ilustrasi Kayu
Sumber: Pexels

Kayu merupakan salah satu material yang digunakan oleh banyak orang. Di dunia ini, kayu terdiri dari berbagai macam jenisnya. Lalu, dari berbagai jenis tersebut, kayu dibedakan menjadi dua kelompok berdasarkan dari asal pohonnya, diantaranya yaitu kayu keras (hardwood) dan kayu lunak (softwood). 

Lem kayu dan lem hpl Crona - Screen Shot 2020 05 12 at 19.59.08
Ilustrasi Kayu
Sumber: Pexels

 

Bagi sebagian orang yang sudah lama menggeluti dunia perkayuan mungkin sudah tahu apa itu kayu keras dan lunak. Jika kamu belum tahu, yuk lanjutin baca untuk mengetahui lebih jauh mengenai keduanya.

 

Pengertian Kayu Keras dan Kayu Lunak

Kayu keras adalah kayu yang dihasilkan oleh pohon yang memiliki biji di dalam buah atau bisa disebut dengan tanaman berbiji tertutup (angiospermae). Ciri-ciri lain yang dimiliki yaitu mempunyai daun yang lebar dan banyak pori-pori.

Sedangkan kayu lunak yaitu kayu yang dihasilkan oleh pohon yang memiliki biji tidak tertutup oleh daging buah atau bisa disebut dengan tanaman berbiji terbuka (gymnospermae). Ciri lainnya yaitu memiliki daun yang lonjong dan kayu berwarna putih. 

Bagaimana pertumbuhan dari kedua jenis pohon atau tanaman tersebut? 

Dilihat dari sisi pertumbuhan, kelompok tanaman biji tertutup membutuhkan waktu yang lama untuk tumbuh dibandingkan dengan tanaman biji terbuka yang tumbuh lebih cepat. Perbedaan ini bisa dilihat dari kerapatan kayu atau densitas. 

 

Lem kayu dan lem hpl Crona - Screen Shot 2020 05 12 at 20.02.44
Mengukur Kerapatan Kayu
Sumber: Edinburgh Napier University

 

Kerapatan kayu berkaitan dengan kekuatan dan kekerasan kayu. mayoritas kayu yang memiliki kerapatan tinggi membuat kekuatan kayu bertambah. Namun disisi lain, terdapat kayu lunak yang memiliki kekuatan dan kerapatan yang lebih tinggi.

Kemudian, apa saja jenis kayu yang berada pada dua kelompok tersebut? 

 

Jenis Kayu Keras dan Kayu Lunak

Lem kayu dan lem hpl Crona - Screen Shot 2020 05 12 at 20.15.25
Kayu Bangkirai yang telah dibuat menjadi decking
Sumber: Equestrian Fencing & Timber Ltd

Beberapa jenis kayu keras diantaranya yaitu kayu jati, maple, mahoni, ulin, bengkirai, dan sebagainya. Kayu keras pada umumnya digunakan untuk konstruksi berkualitas tinggi, lantai, hingga furniture.

Lem kayu dan lem hpl Crona - Screen Shot 2020 05 12 at 20.18.04
Furniture dari Kayu Redwood
Sumber: Pinterest

Sedangkan jenis yang termasuk kayu lunak yaitu kayu pinus, cedar, sengon, cemara, redwood, dan lain-lain. Kayu lunak banyak digunakan untuk ditempatkan di ruang dalam (indoor), seperti furniture, kerajinan kayu, jendela, pintu, dll. 

Dua kelompok kayu tersebut memiliki daya tahan terhadap api yang berbeda. Untuk kayu keras lebih tahan api dibanding dengan kayu lunak yang lebih rentan terbakarDalam segi harga, kayu keras cenderung memiliki harga yang lebih tinggi dibandingkan dengan kayu lunak.

Table of Contents

Share on facebook
Facebook
Share on google
Google+
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on pinterest
Pinterest
Lem kayu

Lem Kayu Yang Paling Populer Di Kalangan Pengrajin Kayu

Kamu sedang mencari jenis lem kayu yang populer di dunia pengrajin kayu? Pas banget nih, kali ini MinCro mau membahas tentang beberapa jenis lem kayu yang populer di kalangan pengrajin kayu.  Sebelum itu, banyaknya jenis lem kayu yang ada ditujukan untuk menyesuaikan kebutuhan bagi para pengrajin kayu, mulai dari butuh yang tahan solvent (cairan thiner) pada saat melakukan finishing, lem yang tahan air untuk kerajinan kayu eksterior, hingga kebutuhan launnya, Banyak banget kan? Hehehe    Beberapa Jenis Lem Kayu Yang Populer  Lem Alifatik  Jenis lem alifatik ini banyak digunakan para pengrajin kayu karena lem ini memiliki keunggulan yang sesuai untuk membuat kerajinan kayu yang ditempatkan di dalam ruangan, Lem ini berbeda dengan lem putih biasa, lem alifatik memiliki keunggulan yang cepar kering, hasil akhir sambungan kayu yang kuat, hingga punya perlindungan terhadap cairan solvent nih Sobat

Read More »
Arrow-up