Ini Beberapa Tips Sebelum Renovasi Rumah

Screen Shot 2020-05-29 at 15.42.02

Renovasi rumah merupakan suatu hal yang penting dilakukan. Berbagai macam alasan dapat melatarbelakangi mengapa rumah tersebut harus di renovasi. Dalam melakukan renovasi, pemilik rumah harus memikirkan dengan matang mengenai segala persiapan yang akan dibutuhkan, karena renovasi rumah selain memakan biaya, juga memakan waktu pengerjaan, namun jika jasa yang digunakan lebih banyak akan memungkinkan untuk selesai lebih cepat.

 

Tips Merenovasi Rumah

Jika anda bingung harus melakukan apa sebelum renovasi dimulai, berikut ini kami berikan beberapa tips merenovasi rumah

1. Tentukan prioritas renovasi

Lem kayu dan lem hpl Crona - Screen Shot 2020 05 29 at 15.31.14
Sumber: pexels.com

Ini merupakan hal yang penting untuk anda tentukan, karena jika memiliki dana terbatas, anda harus melakukan perbaikan yang mendesak terlebih dahulu atau menjalankan renovasi dengan rencana awal, seperti menambah ruangan kamar tidur, kamar mandi, melebarkan ruang tamu tanpa sekat, dan sebagainya.

Usahakan, ketika proses pengerjaan dimulai, anda tidak tergoda dengan pikiran anda untuk menambah renovasi pada bagian lain. Mengapa? Karena nantinya pengeluaran anda akan habis sebelum pengerjaan renovasi selesai.

2. Gunakan jasa tukang yang profesional

Lem kayu dan lem hpl Crona - Screen Shot 2020 05 29 at 15.34.44
Sumber: pexels.com

Mencari jasa tukang dengan harga murah memang kita butuhkan, namun pastikan tukang tersebut benar-benar mengerti cara merenovasi rumah dengan baik. Jika anda tidak tahu dimana mencari tukang bangunan, anda dapat meminta rekomendasi tetangga yang sudah pernah menggunakan jasa tukang, atau mencari melalui penyedia jasa tukang bangunan

3. Buatlah rancangan pengeluaran

Lem kayu dan lem hpl Crona - Screen Shot 2020 05 29 at 15.38.26
Sumber: unsplash.com

Poin ini merupakan bagian yang paling penting dalam merenovasi rumah. Anda harus benar-benar memperhitungkan biaya sedetail mungkin. Mulai dari membeli bahan material yang akan digunakan hingga biaya jasa tukang dihitung perhari atau borongan sekaligus.

Rancangan anggaran belanja (RAB) dapat dibuat perbagian rumah yang di renovasi, seperti untuk pembuatan kamar tidur berapa banyak keramik, semen, pasir, hingga cat yang digunakan yang digunakan, termasuk juga menentukan jenis material yang digunakan, misalnya anda ingin menggunakan semen instan seperti Crona Mortar atau semen konvensional biasa. Jika merasa kesulitan, konsultasikan RAB dengan tukang anda.

4. Gunakan bahan bangunan bekas

Lem kayu dan lem hpl Crona - Screen Shot 2020 05 29 at 15.38.57
Sumber: unsplash.com

Ketika melakukan pembongkaran atau renovasi rumah, terkadang anda akan menemukan beberapa bahan bangunan yang masih layak digunakan, seperti kusen, pintu, kayu balok yang masih kuat, dan sebagainya. Anda dapat memanfaatkan bahan bekas tersebut untuk digunakan kembali pada proses renovasi rumah.

Bahan bekas tersebut dapat digunakan kembali setelah dipoles menggunakan politur atau vernis, serta cat agar menjadi lebih rapi dan terlihat baru.

5. Melindungi barang-barang

Lem kayu dan lem hpl Crona - Screen Shot 2020 05 29 at 15.40.15
Sumber: pexels.com

Lindungi barang-barang anda agar terhindar dari debu. Anda dapat memindahkan barang-barang seperti bangku, meja, atau barang elektronik ke ruangan lain yang tidak direnovasi, termasuk melapisi lantai pada saat pengecetan dinding dilakukan. Hal ini juga berguna agar barang-barang anda tidak terkena debu, serta untuk mengurangi kemungkinan membeli barang baru, jika barang yang lama mengalami kerusakan.

6. Menyiapkan tempat tinggal sementara

Lem kayu dan lem hpl Crona - Screen Shot 2020 05 29 at 15.41.04
Sumber: pexels.com

Jika anda melakukan renovasi pada seluruh bagian rumah, atau membuat rumah menjadi tingkat, kemungkinan besar anda membutuhkan tempat tinggal sementara agar kegiatan yang dilakukan di rumah tetap berjalan tanpa terganggu aktivitas tukang bangunan yang sedang bekerja. Terlebih lagi jika membongkar semua atap, adanya tempat tinggal sementara dapat melindungi anda dari serangan hujan dan panas.

 

Itu dia beberapa tips yang dapat kami berikan. Semoga informasi ini bermanfaat buat kalian!

Table of Contents

Share on facebook
Facebook
Share on google
Google+
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on pinterest
Pinterest
Lem kayu

Lem Kayu Yang Paling Populer Di Kalangan Pengrajin Kayu

Kamu sedang mencari jenis lem kayu yang populer di dunia pengrajin kayu? Pas banget nih, kali ini MinCro mau membahas tentang beberapa jenis lem kayu yang populer di kalangan pengrajin kayu.  Sebelum itu, banyaknya jenis lem kayu yang ada ditujukan untuk menyesuaikan kebutuhan bagi para pengrajin kayu, mulai dari butuh yang tahan solvent (cairan thiner) pada saat melakukan finishing, lem yang tahan air untuk kerajinan kayu eksterior, hingga kebutuhan launnya, Banyak banget kan? Hehehe    Beberapa Jenis Lem Kayu Yang Populer  Lem Alifatik  Jenis lem alifatik ini banyak digunakan para pengrajin kayu karena lem ini memiliki keunggulan yang sesuai untuk membuat kerajinan kayu yang ditempatkan di dalam ruangan, Lem ini berbeda dengan lem putih biasa, lem alifatik memiliki keunggulan yang cepar kering, hasil akhir sambungan kayu yang kuat, hingga punya perlindungan terhadap cairan solvent nih Sobat

Read More »
Arrow-up