Jadi Bahan Favorit, Ini Alasan Kenapa Harus Pilih Kayu!

kayu

Tidak lekang oleh zaman, kayu masih menjadi salah satu bahan atau material favorit bagi masyarakat. Walaupun terdapat bahan lain yang tampak modern, kayu tetap memiliki peminatnya sendiri. Dapat dikatakan bahwa ditiap rumah, pasti terdapat penggunaan bahan kayu, entah itu barang kecil seperti talenan, pintu, hingga furniture kayu bisa ditemui di sebuah rumah.

Saat ini, penggunaan kayu bisa dibilang semakin diminati, karena perlahan-lahan masyarakat mulai sadar akan pentingnya menjaga dan tidak mencemari lingkungan. Salah satunya yaitu penggunaan alat makan berbahan kayu, mulai dari sendok, piring, sampai gelas kayu mulai banyak digunakan.

 

Kenapa Harus Kayu?

Terus, kenapa harus pilih kayu? Bukannya ada bahan lain yang aman juga buat lingkungan? Eiittss.. tenang dulu, kayu ini bukan cuma aman digunakan, tapi bahan yang satu ini juga memiliki nilai seni yang berbeda dengan bahan lainnya.

Beberapa alasan kenapa harus pilih bahan kayu, diantaranya:

1. Mudah dibentuk

Lem kayu dan lem hpl Crona - Untitled Design 2021 04 18T234859.075 e1624894198231

Kayu merupakan bahan material yang mudah dibentuk. Dibentuk dalam hal ini bisa dipotong, diukir atau dipahat sedemikian rupa untuk mendapatkan hasil yang sesuai dengan keinginan kita. Bentuk dari kayu bisa dibuat menjadi meja, kursi, rak, patung, miniatur, dan sebagainya.

2. Memiliki nilai seni

Lem kayu dan lem hpl Crona - Untitled Design 2021 04 18T234121.927 e1624894283145

Nilai seni yang dimiliki oleh kayu memang tidak perlu diragukan lagi. Kayu berasal dari alam yang memancarkan nuansa alami, kayu juga memiliki serat kayu yang bermacam-macam dan sangat cantik untuk diperlihatkan. Selain itu, kayu juga cocok dipadukan dengan berbagai macam gaya desain ruangan, seperti gaya desain minimalis, rustic, hingga industrial.

3. Daya Tahan

Lem kayu dan lem hpl Crona - Untitled Design 2021 04 18T234210.417 e1624894431494

Kayu juga dikenal sebagai bahan material yang kuat karena digunakan untuk bahan konstruksi, dan juga dikenal dengan keawetannya yang lama, terutama jika kamu menggunakan jenis kayu yang berkualitas. Tetapi, untuk memaksimalkan kualitas dari kayu, kamu perlu mengetahui apakah kayu tersebut dapat bertahan di luar ruangan atau hanya bisa digunakan di dalam ruangan ya.

4. Ramah lingkungan

Lem kayu dan lem hpl Crona - Untitled Design 2021 04 18T234448.974 e1624894518827

Bosen dengan barang kayu kamu? Tenang aja, kamu ga perlu langsung membuangnya begitu saja, karena kayu bisa didaur ulang atau digunakan kembali dengan fungsi yang berbeda atau dengan kata lain kamu bisa memanfaatkan kayu bekas menjadi barang yang lebih bermanfaat.

Selain itu, jika kayu yang kamu miliki sudah lapuk atau busuk, hal ini tidak akan mencemari lingkungan kok karena tidak ada bahan-bahan kimia yang berbahaya, dan kayu lebih mudah terurai oleh tanah.

5. Bisa menyesuaikan dengan modal

Lem kayu dan lem hpl Crona - Untitled Design 2021 04 18T234658.262 e1624894011133

Mungkin bahan atau furniture kayu sering dianggap mahal bagi sebagian orang, kenyataannya kamu bisa memilih jenis kayu yang sesuai dengan modal kamu kok. Karena tidak semua kayu memiliki nilai yang mahal, ada juga kayu berkualitas yang memiliki harga yang terjangkau salah satunya yaitu kayu pinus (jati belanda). Jadi, kamu ga perlu ragu deh buat pakai barang berbahan kayu.

 

Itu dia beberapa alasan kenapa kayu menjadi bahan material favorit!

Ayo berkarya pakai kayu dan jangan lupa ajak Lem Crona ya! hehehe

Table of Contents

Share on facebook
Facebook
Share on google
Google+
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on pinterest
Pinterest
Lem kayu

Lem Kayu Yang Paling Populer Di Kalangan Pengrajin Kayu

Kamu sedang mencari jenis lem kayu yang populer di dunia pengrajin kayu? Pas banget nih, kali ini MinCro mau membahas tentang beberapa jenis lem kayu yang populer di kalangan pengrajin kayu.  Sebelum itu, banyaknya jenis lem kayu yang ada ditujukan untuk menyesuaikan kebutuhan bagi para pengrajin kayu, mulai dari butuh yang tahan solvent (cairan thiner) pada saat melakukan finishing, lem yang tahan air untuk kerajinan kayu eksterior, hingga kebutuhan launnya, Banyak banget kan? Hehehe    Beberapa Jenis Lem Kayu Yang Populer  Lem Alifatik  Jenis lem alifatik ini banyak digunakan para pengrajin kayu karena lem ini memiliki keunggulan yang sesuai untuk membuat kerajinan kayu yang ditempatkan di dalam ruangan, Lem ini berbeda dengan lem putih biasa, lem alifatik memiliki keunggulan yang cepar kering, hasil akhir sambungan kayu yang kuat, hingga punya perlindungan terhadap cairan solvent nih Sobat

Read More »
Arrow-up