Gunakan Jenis Kayu Yang Tepat Untuk Decking Kayu

Untitled design (45)

Sebagai pemilik tempat tinggal, kita akan memberikan yang terbaik untuk rumah kita. Seperti menggunakan bahan-bahan bangunan yang berkualitas, furniture yang bagus, hingga hal-hal lainnya yang dapat menambah keindahan bagi rumah kita.

Salah satu hal yang dapat digunakan untuk menambah keindahan sebuah rumah yaitu penggunaan lantai kayu atau bisa disebut juga dengan decking kayu. Jenis kayu yang dipakai sebagai decking kayu merupakan kayu-kayu keras yang memiliki kualitas yang baik, termasuk tahan terhadap cuaca panas ataupun hujan.

Decking kayu banyak digunakan pada halaman rumah, area kolam renang, serta area luar ruangan (outdoor) lainnya. Tetapi, selain digunakan sebagai lantai kayu, decking kayu juga diaplikasikan pada pagar dan juga gazebo.

 

Keunggulan menggunakan decking kayu

Penggunaan decking kayu tenyata memiliki beberapa keunggulan loh, seperti:

1. Tampilan alami

Penggunaan bahan kayu untuk decking dapat membuat tampilan rumah menjadi alami atau natural, apalagi jika kamu menggunakan cat kayu yang dapat menampilkan serat-serat kayu yang indah

2. Menaikkan harga bangunan

Karena memiliki tampilan yang alami, penggunaan decking kayu dapat menaikkan harga jual dari sebuah bangunan. Bangunan dapat terlihat lebih rapi dan menaikkan estetika.

3. Daya tahan kuat

Jika kamu memakai decking kayu pada rumah atau bangunan jangan khawatir dengan kekuatan pada decking kayu. Karena decking kayu memiliki daya tahan yang kuat dan bisa bertahan dalam waktu sekitar 20 tahunan

 

Jenis kayu yang cocok untuk decking

Lem kayu dan lem hpl Crona - Untitled design 46 e1607783354915

Jika kamu akan menggunakan decking kayu pada rumah atau bangunan lainnya, hal yang perlu diperhatikan yaitu kualitas dari jenis kayu yang digunakan. Pastikan kamu menggunakan kayu yang sangat berkualitas, agar decking kayu dapat bertahan lama, gunakanlah beberapa kayu berikut ini:

1. Jati

Kayu jati merupakan kayu yang dikenal memiliki daya tahan yang kuat. Kayu jenis ini menjadi favorit bagi penggemar furniture kayu. Jawa merupakan salah satu pulau di Indonesia yang memiliki habitat pohon jati.

Umur kayu jati yang sudah tua dapat menghasilkan kualitas yang sangat baik, seperti mempunyai daya tahan yang kuat terhadap cuaca, serangan jamur maupun rayap.

2. Ulin

Kayu terkuat yang berada di Kalimantan yaitu kayu ulin atau sebutan lainnya yaitu kayu besi. Kayu yang memiliki daya tahan yang kuat ini dapat digunakan pada konstruksi berat.

Karakteristik dari kayu ulin selain berdaya tahan kuat, yaitu terdapat kandungan alami sebagai perlindungan dari serangan rayap, perubahan suhu, serta kelembaban. Lalu, kayu ini juga memiliki aroma yang khas loh.

3. Bengkirai

Seperti kayu ulin, kayu bengkirai juga dapat ditemukan di wilayah Kalimantan. Berbicara mengenai bobotnya, kayu bengkirai memiliki bobot yang lebih berat dibandingkan dengan kayu jati.

Walaupun termasuk ke dalam kelompok kayu keras, kamu tetap dapat mengolah kayu bengkirai dengan mudah nih. Warna kayu yang berwarna kuning kecoklatan dapat menampilkan kesan yang lebih alami.

4. Merbau

Kayu merbau merupakan kayu besi versi daerah Papua Barat. Butuh kayu untuk kontruksi berat? Kamu bisa pakai kayu merbau untuk membuat jembatan, tiang, hingga decking kayu.

Kayu ini memiliki beberapa kelebihan, diantaranya tahan terhadap jamur dan rayap kering, tingkat penyusutan yang rendah membuat kayu merbau tidak mudah mengalami kecacatan ketika dikeringkan.

 

Beberapa jenis kayu diatas MinCro rekomendasikan sebagai pilihan kamu untuk membuat decking kayu. Jadi, kamu pilih yang mana?

 

Selanjutnya kamu dapat membaca jenis kayu dan penggunaan yang tepat yaa

Table of Contents

Share on facebook
Facebook
Share on google
Google+
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on pinterest
Pinterest
Lem kayu

Lem Kayu Yang Paling Populer Di Kalangan Pengrajin Kayu

Kamu sedang mencari jenis lem kayu yang populer di dunia pengrajin kayu? Pas banget nih, kali ini MinCro mau membahas tentang beberapa jenis lem kayu yang populer di kalangan pengrajin kayu.  Sebelum itu, banyaknya jenis lem kayu yang ada ditujukan untuk menyesuaikan kebutuhan bagi para pengrajin kayu, mulai dari butuh yang tahan solvent (cairan thiner) pada saat melakukan finishing, lem yang tahan air untuk kerajinan kayu eksterior, hingga kebutuhan launnya, Banyak banget kan? Hehehe    Beberapa Jenis Lem Kayu Yang Populer  Lem Alifatik  Jenis lem alifatik ini banyak digunakan para pengrajin kayu karena lem ini memiliki keunggulan yang sesuai untuk membuat kerajinan kayu yang ditempatkan di dalam ruangan, Lem ini berbeda dengan lem putih biasa, lem alifatik memiliki keunggulan yang cepar kering, hasil akhir sambungan kayu yang kuat, hingga punya perlindungan terhadap cairan solvent nih Sobat

Read More »
Arrow-up