Finishing Kayu dengan Bahan Alami? Gunakan Bahan-bahan Ini!

Sumber: pexels.com

Memiliki berbagai macam perabotan kayu, tentunya kamu ingin barang-barang tersebut memiliki kualitas yang baik serta tampilan yang indah bukan? Maka dari itu, dibutuhkanlah finishing kayu yang dapat membuat kualitas kayu menjadi lebih baik dan memiliki tampilan yang menarik.

Finishing kayu dapat dilakukan dengan berbagai cara, mulai dari cara tradisional seperti Shou Sugi Ban, menggunakan bahan alami, hingga bahan kimia.

 

Beberapa bahan alami yang dapat dijadikan sebagai finishing kayu, diantaranya yaitu:

1.      Teh

Lem kayu dan lem hpl Crona - drew taylor 7liDpl93wt4 unsplash scaled e1598257157264
Sumber: unsplash.com

 

Pengggunaan teh sebagai finishing kayu dapat menggunakan daun teh maupun kantong teh celup. Proses finishing ini dimulai dari merebus daun ataupun kantong teh, hal ini dapat disesuaikan dengan keinginan anda. Rebuslah teh tersebut hingga air terlihat berkurang sampai setengahnya, agar dapat mendapatkan larutan teh yang kental. Penggunaan teh yang berbeda-beda dapat menghasilkan larutan yang berbeda pula.

Kemudian, bersihkan permukaan kayu menggunakan kain bersih. Lalu, aplikasikan larutan teh tersebut menggunakan kuas secara merata dan searah dengan serat kayu. Diamkan selama kurang lebih 15 menit. Jika, warna belum memenuhi keinginan anda, ulangi cara diatas hingga mendapatkan warna yang diinginkan.

 

2.      Cuka Apel

Bahan tradisional selanjutnya yaitu cuka apel, tetapi untuk memanfaatkan cuka apel untuk dijadikan finishing kayu diperlukan steel wool.

 

Lem kayu dan lem hpl Crona - pixabay.com steel wool 156164 1280 e1598258099413
Sumber: pixabay.com

 

Cara ini dapat dimulai dengan merendam steel wool pada larutan cuka apel hingga warna larutan berubah menjadi gelap. Kemudian, pastikan permukaan kayu sudah diamplas dan bersih dari kotoran ataupun debu. Lalu, aplikasikan larutan cuka apel menggunakan kuas secara merata yang diikuti dengan arah serat kayu.

 

3.      Kopi

Lem kayu dan lem hpl Crona - mike kenneally TD4DBagg2wE unsplash1
Sumber: unsplash.com

 

Mana nih Sobat Crona yang penyuka kopi? Selain dapat diminum, kopi juga dapat digunakan untuk finishing kayu loh. Jenis kayu yang cocok untuk difinishing menggunakan kopi yaitu kayu oak, pinus, serta walnut.

Proses pengaplikasiannya membutuhkan waktu seharian penuh. Semakin banyak kopi yang digunakan dan memiliki larutan yang kental, tentunya akan memberikan hasil warna yang kuat.

Awali dengan menyeduh kopi terlebih dahulu. Lalu, diamkan larutan kopi sampai larutan sudah terasa dingin. Pastikan permukaan kayu sudah diamplas, terasa halus dan rata. Aplikasikan larutan pada seluruh permukaan kayu secara merata dengan menggunakan berbagai macam media, seperti kuas, kain, ataupun busa. Diamkan selama 15 menit, lalu ulangi pengaplikasian pada setiap 10 menit kemudian jika ingin mendapatkan hasil yang diinginkan.

 

Bagaimana menurut kalian, mudah kan?

Jika kalian ingin menggunakan finishing berbahan kimia, jangan lupakan gunakan Crona Woodcote Politur yang aman dan ramah lingkungan ya!

Table of Contents

Share on facebook
Facebook
Share on google
Google+
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on pinterest
Pinterest
Lem kayu

Lem Kayu Yang Paling Populer Di Kalangan Pengrajin Kayu

Kamu sedang mencari jenis lem kayu yang populer di dunia pengrajin kayu? Pas banget nih, kali ini MinCro mau membahas tentang beberapa jenis lem kayu yang populer di kalangan pengrajin kayu.  Sebelum itu, banyaknya jenis lem kayu yang ada ditujukan untuk menyesuaikan kebutuhan bagi para pengrajin kayu, mulai dari butuh yang tahan solvent (cairan thiner) pada saat melakukan finishing, lem yang tahan air untuk kerajinan kayu eksterior, hingga kebutuhan launnya, Banyak banget kan? Hehehe    Beberapa Jenis Lem Kayu Yang Populer  Lem Alifatik  Jenis lem alifatik ini banyak digunakan para pengrajin kayu karena lem ini memiliki keunggulan yang sesuai untuk membuat kerajinan kayu yang ditempatkan di dalam ruangan, Lem ini berbeda dengan lem putih biasa, lem alifatik memiliki keunggulan yang cepar kering, hasil akhir sambungan kayu yang kuat, hingga punya perlindungan terhadap cairan solvent nih Sobat

Read More »
Arrow-up