Faktor Apa Saja Yang Dapat Merusak Kayu?

6

Berbagai macam pilihan bahan material dapat dipilih sesuai dengan kebutuhan dan keinginan masyarakat. Salah satu bahan material yang banyak dipilih yaitu kayu.

Kayu memiliki keunikan tersendiri dibandingkan dengan bahan material lainnya. Hal yang dapat menjadi pembedanya yaitu kayu memiliki struktur dan serat kayu yang indah, juga unik. Serat kayu ini menjadi salah satu alasan banyak orang yang memilih bahan material kayu. Selain itu, pemilihan kayu juga dikarenakan kayu identik dengan nuansa alam.

Terbagi menjadi dua jenis, jenis kayu terdiri dari kayu keras dan kayu lunak. Beberapa jenis kayu yang termasuk ke dalam kayu keras yaitu kayu jati, mahoni, maple, bengkirai, ulin, dan sebagainya. Sedangkan kayu lunak terdiri dari kayu pinus, cemara, sengon, cedar, dan sebagainya.

Kedua jenis kayu tersebut  ada yang berkualitas baik dan juga kurang baik. Penentuan kualitas kayu ini dapat dipengaruhi oleh beberapa faktor, seperti umur kayu yang masih muda, kayu yang memang tidak disarankan untuk diolah, hingga kayu yang dirusak oleh hal-hal yang dapat merusak kayu.

 

Faktor Perusak Kayu

Jika kita berbicara tentang faktor perusak kayu, pastinya kalian tidak asing lagi dengan salah satu serangga, apa itu??? Rayap. Rayap merupakan serangga yang dapat merusak barang-barang kayu. Berikut ini MinCro kasih tau hal apa aja yang bisa merusak sekaligus menurunkan kualitas kayu, diantaranya

1. Rayap

Lem kayu dan lem hpl Crona - 2 e1606746007664

Seperti pembahasan diatas, rayap menjadi salah satu faktor perusak kayu. Rayap ini sangat merugikan bagi kayu yang memiliki kualitas kurang baik, karena kayu dengan kualitas tersebut dapat dengan mudah diserang oleh rayap.

2. Jamur

Lem kayu dan lem hpl Crona - 4 e1606746124793

Tumbuhan yang satu ini sering ditemukan pada kayu basah, dan jarang ditemukan pada kayu kering. Apa yang terjadi pada kayu, saat ada jamur di sekitarnya? Jamur ini nantinya akan membuat kayu menjadi lapuk, membusuk, hingga adanya perubahan warna kayu.

3. Faktor fisik

Lem kayu dan lem hpl Crona - 3 e1606746194572

Faktor perusak kayu selanjutnya yaitu faktor fisik. Hal yang termasuk faktor fisik ini yaitu cuaca, suhu, dan juga kelembaban. Beberapa hal tersebut dapat merusak kayu dengan cara seperti kayu yang terlalu sering diletakkan di tempat panas, akan rusak dalam waktu yang cepat.

 

Itu dia beberapa hal yang dapat menurunkan dan merusak kualitas dari kayu. Tetapi jangan khawatir, pemilihan kayu yang berkualitas baik dan diikuti dengan perawatan kayu yang benar dapat membuat barang kayu kamu terjaga kualitasnya loh, sehingga dapat digunakan dalam jangka waktu yang lama.

Table of Contents

Share on facebook
Facebook
Share on google
Google+
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on pinterest
Pinterest
Lem kayu

Lem Kayu Yang Paling Populer Di Kalangan Pengrajin Kayu

Kamu sedang mencari jenis lem kayu yang populer di dunia pengrajin kayu? Pas banget nih, kali ini MinCro mau membahas tentang beberapa jenis lem kayu yang populer di kalangan pengrajin kayu.  Sebelum itu, banyaknya jenis lem kayu yang ada ditujukan untuk menyesuaikan kebutuhan bagi para pengrajin kayu, mulai dari butuh yang tahan solvent (cairan thiner) pada saat melakukan finishing, lem yang tahan air untuk kerajinan kayu eksterior, hingga kebutuhan launnya, Banyak banget kan? Hehehe    Beberapa Jenis Lem Kayu Yang Populer  Lem Alifatik  Jenis lem alifatik ini banyak digunakan para pengrajin kayu karena lem ini memiliki keunggulan yang sesuai untuk membuat kerajinan kayu yang ditempatkan di dalam ruangan, Lem ini berbeda dengan lem putih biasa, lem alifatik memiliki keunggulan yang cepar kering, hasil akhir sambungan kayu yang kuat, hingga punya perlindungan terhadap cairan solvent nih Sobat

Read More »
Arrow-up