Bersihkan Karat Alat Perkayuan Dengan Mudah Dengan Cara Ini

Sumber: pixabay.com

Dalam melakukan kegiatan perkayuan, dibutuhkan berbagai macam alat perkayuan yang digunakan untuk memotong, melubangi, menghaluskan permukaan kayu dan fungsi lainnya yang ada pada saat kegiatan perkayuan berlangsung.

Alat-alat perkayuan memiliki berbagai macam bahan dasar, seperti logam, besi, dan sejenisnya. Bahan dasar tersebut dalam waktu yang lama akan mengalami korosi atau berkarat. Untuk itu, sebagai pengrajin kayu kamu harus merawat peralatan kayu kamu dengan baik untuk menghindari adanya karat pada alat perkayuan.

 

Cara Menghilangkan Karat

Jika alat-alat perkayuan kamu sudah mulai berkarat, tenang aja. Kamu dapat menggunakan beberapa cara berikut untuk menghilangkan karatnya

1.      Cuka

Lem kayu dan lem hpl Crona - Untitled design 9 e1604633626330
Sumber: canva.com

Benda yang satu ini mudah ditemui dalam rumah kamu, khususnya pada bagian dapur. Walaupun dikenal untuk menambah rasa pada makanan, ternyata cuka juga dapat digunakan untuk menghilangkan karat loh. Sebelumnya, ada yang udah tau belum nih?

Untuk menghilangkan karat dengan cuka, kamu dapat memulai dengan cara ini

  • Siapkan alat perkayuan yang ingin dihilangkan karatnya
  • Pastikan cuka kamu cukup untuk merendam alat perkayuan
  • Rendam alat perkayuan pada larutan cuka dalam waktu semalaman
  • Gosok alat perkayuan dengan sikat kawat
  • Jika karat masih ada yang terlihat, ulangi langkah tersebut sampai karat benar-benar bersih
  • Setelah bebas dari karat, bersihkan alat perkayuan tersebut dengan menggunakan sabun
  • Bilas sampai bersih lalu keringkan dengan benar

2.      Lemon dan garam

Lem kayu dan lem hpl Crona - lemon 1444025 1920 e1604633556499
Sumber: pixabay.com

Lemon menjadi salah satu buah yang dapat digunakan untuk menghilangkan karat serta gabungkan dengan garam pada larutan lemon. Penggabungan dua hal ini juga dapat membantu untuk menghilangkan karat yang berbentuk bintik-bintik kecil.

Cara pengaplikasiannya cukup mudah kok. Seperti berikut ini

  • Taburkan garam pada benda yang berkarat
  • Tuangkan perasan lemon diatas garam
  • Diamkan selama kurang lebih 2 jam
  • Gunakan kulit lemon untuk menghilangkan karat. Jika karat sulit dihilangkan, kamu bisa gunakan sikat kawat
  • Bersih dan keringkan benda tersebut. Selesai deh.

3.      Baking soda

Lem kayu dan lem hpl Crona - baking 2589512 1920 e1604633693610
Sumber: pixabay.com

Biasa digunakan untuk bahan membuat kue, baking soda juga dapat dipakai untuk menghilangkan karat yang tidak terlalu parah. Pengaplikasiannya sangat mudah, cukup campurkan baking soda dengan air agar membentuk pasta yang kental. Lalu, oleskan pada permukaan yang berkarat. Diamkan selama kurang lebih satu jam. Kemudian bersihkan dan keringkan benda tersebut dengan benar.

 

Itu dia beberapa cara untuk menghilangkan karat pada alat perkayuan yang terbuat dari besi dan logam, gampang kan?

Setelah alat-alat perkayuan tersebut sudah dibersihkan dari karat, kamu dapat menggunakan cairan anti karat untuk mencegah karat tersebut muncul kembali.

Table of Contents

Share on facebook
Facebook
Share on google
Google+
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on pinterest
Pinterest
Lem kayu

Lem Kayu Yang Paling Populer Di Kalangan Pengrajin Kayu

Kamu sedang mencari jenis lem kayu yang populer di dunia pengrajin kayu? Pas banget nih, kali ini MinCro mau membahas tentang beberapa jenis lem kayu yang populer di kalangan pengrajin kayu.  Sebelum itu, banyaknya jenis lem kayu yang ada ditujukan untuk menyesuaikan kebutuhan bagi para pengrajin kayu, mulai dari butuh yang tahan solvent (cairan thiner) pada saat melakukan finishing, lem yang tahan air untuk kerajinan kayu eksterior, hingga kebutuhan launnya, Banyak banget kan? Hehehe    Beberapa Jenis Lem Kayu Yang Populer  Lem Alifatik  Jenis lem alifatik ini banyak digunakan para pengrajin kayu karena lem ini memiliki keunggulan yang sesuai untuk membuat kerajinan kayu yang ditempatkan di dalam ruangan, Lem ini berbeda dengan lem putih biasa, lem alifatik memiliki keunggulan yang cepar kering, hasil akhir sambungan kayu yang kuat, hingga punya perlindungan terhadap cairan solvent nih Sobat

Read More »
Arrow-up