Beli Kayu Tapi Ukuran Ga Sesuai? Ini Panduannya!

Kayu menjadi bahan utama untuk dijadikan berbagai macam karya bagi para pengrajin atau tukang kayu. Mulai dari furniture, hiasan, dijadikan kontruksi bangunan, dan sebagainya.

Pemilihan jenis kayu dapat disesuaikan dengan kebutuhan atau tujuan dari penggunaan kayu tersebut. Misalnya, untuk membuat hiasan kayu yang diletakkan di dalam rumah, bisa menggunakan jenis kayu lunak (softwood). Sedangkan, jika kayu diletakkan di luar rumah dan akan terkena matahari ataupun hujan, kamu bisa menggunakan kayu keras (hardwood) yang berkualitas seperti kayu jati.

Namun, dalam membeli sebuah kayu ada beberapa hal yang harus kamu perhatikan terlebih dulu, salah satunya yaitu ukuran kayu.

 

Ukuran Kayu

Lem kayu dan lem hpl Crona - Untitled design 2021 03 18T112633.687 e1616042186134

Setelah menentukan jenis kayu yang akan digunakan, pastinya kamu akan menyesuaikan ukuran kayu dengan rencana pengerjaan proyek kamu. Nah, ukuran kayu ini pada kenyataannya tidak sesuai dengan ukuran yang terpampang ditulisan atau yang dibilang penjual kayu.

Kenapa bisa begitu? Karena kayu melewati beberapa proses, seperti pengeringan, dimana dari beberapa proses tersebut kayu mengalami penyusutan sampai pada kayu tersebut siap dijual. Sehingga, ukuran kayu yang tidak sesuai ini agak menyulitkan kamu dalam membuat proyek yang ukurannya sudah kamu tentukan.

Tapi, tenang aja. Situs familyhandyman.com memberikan perbedaan ukuran yang bisa memudahkan kamu dalam membeli kayu. Liat tabel berikut ini yuk!

 

Tabel perbedaan ukuran kayu

Ketebalan (inchi)

Lebar (inchi)

Ukuran Tulisan

Ukuran Sebenarnya

Ukuran Tulisan

Ukuran Sebenarnya

1

0,75 2 1,5

1,25

1 3

2,5

1,5

1 ,25 4

3,5

2

1,5 5

4,5

2,5

2 6

5,5

3

2,5 7

6,5

3,5

3 8

7,25

4 3,5 9

8,25

4,5 4 10

9,25

 

Itu dia beberapa perbedaan ukuran kayu yang dirangkum oleh situs familyhandyman.com. Gimana menurut kamu? Walaupun perbedaannya sedikit, di dunia perkayuan perbedaan ukuran ini sangat berpengaruh pada perhitungan proyek mereka loh.

 

Semoga info ini bermanfaat!

Selanjutnya kamu bisa baca info menarik lainnya yaa!

Table of Contents

Share on facebook
Facebook
Share on google
Google+
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on pinterest
Pinterest
Lem kayu

Lem Kayu Yang Paling Populer Di Kalangan Pengrajin Kayu

Kamu sedang mencari jenis lem kayu yang populer di dunia pengrajin kayu? Pas banget nih, kali ini MinCro mau membahas tentang beberapa jenis lem kayu yang populer di kalangan pengrajin kayu.  Sebelum itu, banyaknya jenis lem kayu yang ada ditujukan untuk menyesuaikan kebutuhan bagi para pengrajin kayu, mulai dari butuh yang tahan solvent (cairan thiner) pada saat melakukan finishing, lem yang tahan air untuk kerajinan kayu eksterior, hingga kebutuhan launnya, Banyak banget kan? Hehehe    Beberapa Jenis Lem Kayu Yang Populer  Lem Alifatik  Jenis lem alifatik ini banyak digunakan para pengrajin kayu karena lem ini memiliki keunggulan yang sesuai untuk membuat kerajinan kayu yang ditempatkan di dalam ruangan, Lem ini berbeda dengan lem putih biasa, lem alifatik memiliki keunggulan yang cepar kering, hasil akhir sambungan kayu yang kuat, hingga punya perlindungan terhadap cairan solvent nih Sobat

Read More »
Arrow-up