Beberapa Tips Seputar Pertukangan Kayu Untuk Pemula

Sumber: pexels.com

Dunia pertukangan kayu atau woodworking banyak disukai ataupun dijadikan hobi oleh banyak orang. Woodworking dapat meliputi membuat furniture, membuat rak, hingga kerajinan-kerajinan kayu lainnya.

Apakah kamu sudah memasuki dunia pertukangan kayu atau tertarik untuk menjadi pengrajin kayu? Jika iya, kamu harus mempelajari bagaimana cara pembuatan, teknik-teknik penyambungan kayu yang digunakan, hingga tips dan trik dalam dunia pertukangan kayu.

 

Tips dan Trik

Kali ini MinCro akan membagikan beberapa tips dan trik yang dapat kamu gunakan dalam melakukan kegiatan pengrajin kayu, diantaranya yaitu

1.      Gunakan meja kerja tukang kayu atau workbench

Lem kayu dan lem hpl Crona - pixabay.com tools 4926640 1920 e1601051036794
Sumber: pixabay.com

 

Sebelum melakukan kegiatan perkayuan, pastikan kamu sudah memiliki meja kerja atau workbench yang sesuai dengan kenyamanan kamu. Pada beberapa orang, terdapat beberapa masalah workbench yang tidak sesuai dengan ukuran tinggi atau lebarnya. Maka dari itu pastikan kamu sudah merasa nyaman dan cocok dengan meja kerja kamu.

Selain itu, meja kerja dapat benar-benar mempermudah proses pengerjaan kayu kamu.

 

2.      Gunakan kayu yang lurus pada proyek pertama

Lem kayu dan lem hpl Crona - wood 1659158 1920 e1601051967588
Sumber: pixabay.com

 

Kamu seorang pemula? pastikan kamu menggunakan kayu yang memiliki bentuk lurus atau tidak membengkok, agar mempermudah proses pengerjaan proyek perkayuan kamu. Jika kayu yang digunakan membengkok, kamu akan kesulitan, karena untuk menangani hal ini dibutuhkan kemampuan perkayuan yang lebih ahli.

 

3.      Miliki beberapa alat yang sederhana terlebih dahulu

Lem kayu dan lem hpl Crona - barn images t5YUoHW6zRo unsplash scaled e1601051229759
Sumber: unsplash.com

 

Sebagai seorang pemula, apakah kamu seperti ingin memiliki banyak alat perkayuan untuk membantu aktivitas perkayuan kamu? Jika iya, pada kenyataannya, kita hanya butuh 5 alat yang dapat digunakan oleh pengrajin kayu pemula loh. Karena kamu harus mengetahui bagaimana cara penggunaan alat-alat perkayuan dan alat yang nyaman kamu gunakan. Tidak semua orang memiliki kenyamanan yang sama pada satu jenis alat perkayuan ya.

 

4.      Pelajari pengetahuan tentang kayu

Lem kayu dan lem hpl Crona - pexels pixabay 326311 scaled e1601051886824
Sumber: pexels.com

 

Hal yang satu ini sangat perlu kamu ketahui, karena tidak semua kayu memiliki karakteristik yang sama. Secara sederhana jenis kayu terbagi menjadi dua, yaitu kayu keras (hardwood) dan kayu lunak (softwood). Kedua kayu ini digunakan dalam proyek yang berbeda, dan juga memiliki tingkat kekuatan dan keawetan yang berbeda juga.

 

5.      Ikuti Komunitas Perkayuan

Lem kayu dan lem hpl Crona - pixabay.com diskusi e1601051294204
Sumber: pixabay.com

 

Untuk menambah wawasan atau pengetahuan tentang kayu beserta teknik pengerjaannya, kamu dapat mengikuti komunitas perkayuan untuk berdiskusi mengenai hal yang kamu butuhkan. Salah satu komunitas yang dapat kamu ikuti yaitu komunitas Crona Academy yang dibuat oleh Crona yang ditujukan untuk menjadi wadah diskusi para pengrajin kayu.

 

6.      Latihan secara terus menerus

Lem kayu dan lem hpl Crona - dominik scythe 3cIvvzjE6Lk unsplash scaled e1601052395695
Sumber: unsplash.com

 

Jika kamu sudah memulai proyek pertama kamu, kerjakanlah proyek-proyek lainnya agar kemampuan perkayuan kamu bertambah, hingga kamu dapat mengerjakan sebuah proyek dengan ide kamu sendiri

 

Itu dia beberapa tips pertukangan kayu untuk pemula yang dapat kamu aplikasikan pada saat memasuki dunia perkayuan. Untuk selanjutnya, kamu bisa membaca beberapa inspirasi ide kerajinan kayu bagi pemula

Table of Contents

Share on facebook
Facebook
Share on google
Google+
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on pinterest
Pinterest
Lem kayu

Lem Kayu Yang Paling Populer Di Kalangan Pengrajin Kayu

Kamu sedang mencari jenis lem kayu yang populer di dunia pengrajin kayu? Pas banget nih, kali ini MinCro mau membahas tentang beberapa jenis lem kayu yang populer di kalangan pengrajin kayu.  Sebelum itu, banyaknya jenis lem kayu yang ada ditujukan untuk menyesuaikan kebutuhan bagi para pengrajin kayu, mulai dari butuh yang tahan solvent (cairan thiner) pada saat melakukan finishing, lem yang tahan air untuk kerajinan kayu eksterior, hingga kebutuhan launnya, Banyak banget kan? Hehehe    Beberapa Jenis Lem Kayu Yang Populer  Lem Alifatik  Jenis lem alifatik ini banyak digunakan para pengrajin kayu karena lem ini memiliki keunggulan yang sesuai untuk membuat kerajinan kayu yang ditempatkan di dalam ruangan, Lem ini berbeda dengan lem putih biasa, lem alifatik memiliki keunggulan yang cepar kering, hasil akhir sambungan kayu yang kuat, hingga punya perlindungan terhadap cairan solvent nih Sobat

Read More »
Arrow-up