Beberapa Macam Palu Yang Harus Kamu Tahu!

Pernahkah kamu melihat seseorang yang sedang menempa atau memukul sesuatu benda?

Jika iya, kemungkinan besar kamu tahu alat apa yang sedang digunakan kan? Iya, alat tersebut adalah palu atau dikenal juga dengan sebutan martil.

Palu ini sering kita temukan pada aktivitas pertukangan, seperti pada tukang bangunan, kayu, besi, dan aktivitas lainnya. Jika di dalam rumah, kita sering menggunakannya untuk memukul paku pada dinding agar pajangan yang kita miliki bisa digantung pada sisi yang kita inginkan. Atau bisa juga untuk meletakkan gantungan baju agar ruangan terlihat lebih rapi.

Tapi, ada hal yang harus kamu ketahui. Palu ternyata terdiri dari beberapa macam, Sobat Crona. Dari beberapa macam palu tersebut, pastinya mereka memiliki fungsi yang berbeda-beda.

 

Macam-macam Palu

Selama ini mungkin kamu mengetahui jika palu hanya digunakan untuk memukul paku pada suatu permukaan seperti dinding atau kayu. Kenyataannya, palu juga memiliki fungsi yang bermacam-macam loh. Hal ini tergantung dari jenis palu apa yang digunakan. Berikut ini beberapa macam palu dan fungsinya

1. Palu kayu (wood hammer)

Lem kayu dan lem hpl Crona - palu kayu e1610297247215

Bagi para pengrajin kayu, khususnya yang sering memahat kayu pastinya tidak asing dengan palu yang satu ini. Palu kayu digunakan untuk membantu proses pemahatan kayu, perakitan kayu, dan aktivitas perkayuan lainnya. Sehingga palu yang memiliki karakteristik yang ringan ini sangat cocok untuk kegiatan perkayuan kamu.

2. Palu konde (ball pein hammer)

Lem kayu dan lem hpl Crona - palu konde e1610297220330

Kamu pernah melihat palu konde? Palu yang satu ini juga dapat disebut dengan palu bulat. Palu konde memiliki dua bagian kepala, pertama berbentuk datar yang berguna untuk memukul paku atau material lainnya yang terbuat dari bahan besi. Sedangkan, pada bagian yang berbentuk bulat dapat digunakan untuk membengkokkan sebuah papan berbahan besi dan material sejenis lainnya.

3. Palu cakar (nail hammer)

Lem kayu dan lem hpl Crona - palu paku e1610297191525

Seperti palu konde, palu cakar ini sering kita temukan di banyak tempat. Perbedaannya dari palu konde yaitu palu cakar ini selain dapat memukul paku, juga terdapat bagian kepala yang berfungsi untuk menarik paku yang tidak tertancap penuh pada suatu permukaan.

4. Palu karet (rubber hammer)

Lem kayu dan lem hpl Crona - palu karet rubber e1610297130104

Palu yang satu ini memiliki bagian kepala yang terbuat dari karet. Palu karet ini dapat kamu gunakan untuk meratakan bagian permukaan bahan logam yang penyok atau dapat juga digunakan untuk merakit kayu ataupun peralatan rumah tangga.

Jika kamu menggunakan palu ini, kamu dapat mengurangi terjadinya kerusakan pada objek kerja, karena palu karet memiliki permukaan yang halus

5. Palu terak (chipping hammer)

Lem kayu dan lem hpl Crona - palu terak e1610297100201

Palu terak memiliki bagian kepala yang lancip di satu sisinya yang berfungsi untuk meretakkan batu dan kemudian batu tersebut dapat dihancurkan dengan bagian kepala yang berbentuk datar. Selain itu, palu terak juga berfungsi untuk membersihkan terak yang muncul setelah pengelasan dilakukan.

 

Itu dia beberapa macam palu yang dapat kamu gunakan sesuai dengan kebutuhan kamu. Dari 5 palu di atas, mana yang paling sering kamu gunakan?

Table of Contents

Share on facebook
Facebook
Share on google
Google+
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on pinterest
Pinterest
Lem kayu

Lem Kayu Yang Paling Populer Di Kalangan Pengrajin Kayu

Kamu sedang mencari jenis lem kayu yang populer di dunia pengrajin kayu? Pas banget nih, kali ini MinCro mau membahas tentang beberapa jenis lem kayu yang populer di kalangan pengrajin kayu.  Sebelum itu, banyaknya jenis lem kayu yang ada ditujukan untuk menyesuaikan kebutuhan bagi para pengrajin kayu, mulai dari butuh yang tahan solvent (cairan thiner) pada saat melakukan finishing, lem yang tahan air untuk kerajinan kayu eksterior, hingga kebutuhan launnya, Banyak banget kan? Hehehe    Beberapa Jenis Lem Kayu Yang Populer  Lem Alifatik  Jenis lem alifatik ini banyak digunakan para pengrajin kayu karena lem ini memiliki keunggulan yang sesuai untuk membuat kerajinan kayu yang ditempatkan di dalam ruangan, Lem ini berbeda dengan lem putih biasa, lem alifatik memiliki keunggulan yang cepar kering, hasil akhir sambungan kayu yang kuat, hingga punya perlindungan terhadap cairan solvent nih Sobat

Read More »
Arrow-up