Bambu Itu Bukan Kayu, Yuk Cari Tau Perbedaannya!

Di Indonesia, kamu pasti sudah tidak asing lagi dengan yang namanya ‘bambu’, iya bambu yang merupakan tumbuhan yang termasuk ke dalam jenis rumput-rumputan. Bambu memiliki bentuk seperti tabung serta berwarna hijau, kecoklatan, hingga sedikit kuning.

Walaupun bambu termasuk salah satu jenis rerumputan, pada kenyataannya banyak orang yang mengira bahwa bambu memiliki karakteristik yang sama dengan kayu. Kalian tim yang beranggapan bawah bambu itu sama saja dengan kayu atau engga nih? Hehehe.

Anggapan tersebut bisa saja muncul karena bambu juga digunakan pada hal yang sama seperti kayu, misalnya dibuat menjadi kerajinan, perabot rumah tangga, lantai, dan beberapa hal lainnya. Beberapa penggunaan ini tentunya juga berlaku pada kayu.

Tetapi, jika berbicara mengenai kualitasnya, mana yang lebih baik?

 

Perbedaan Bambu Dan Kayu

1. Ukuran

Jika dilihat dari segi ukurannya, bambu tidak akan memiliki permukaan selebar atau sebesar kayu, karena pertumbuhan dari diameter bambu terbatas. Sedangkan, kayu memiliki diameter yang besar seiring dengan umur kayunya yang sudah tua.

2. Pemotongan

Dalam mengolah bamboo, hal yang perlu dilakukan terlebih dahulu yaitu memotong bambu. Tetapi hal ini perlu kamu perhatikan, karena pemotongan bambu yang bagus yaitu dengan cara memotong searah dengan serat bambunya.

Sedangkan pemotongan pada kayu, kamu bisa memotongnya dari arah manapun tanpa merusak permukaan kayu itu sendiri.

3. Serat

Karena kedua benda ini dijadikan untuk pembuatan kerajinan tangan, seni yang muncul dari bambu dan kayu menjadi daya tarik tersendiri. Bedanya, serat pada bambu hanya berbentuk lurus dan tidak ada garis yang meliuk-liuk. Sedangkan serat pada kayu memiliki bentuk yang menarik pada tiap jenis kayu yang digunakan

4. Penebangan

Dalam hal penebangan, bambu bisa ditebang minimal berumur 1 tahun, kayu pun ada yang bisa ditebang dalam umur yang muda walaupun harus lebih dari 1 tahun. Tetapi, baik bambu ataupun kayu yang ditebang pada umur yang muda harus disesuaikan dengan kegunaannya.

Jika digunakan pada hal-hal yang berat, lebih baik tebang bambu dan kayu pada umur yang tepat.

 

Itu dia beberapa perbedaan yang bisa kita ketahui dari bambu dan kayu.

Jadi, bambu dan kayu beda atau sama aja nih?

Table of Contents

Share on facebook
Facebook
Share on google
Google+
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on pinterest
Pinterest
Lem kayu

Lem Kayu Yang Paling Populer Di Kalangan Pengrajin Kayu

Kamu sedang mencari jenis lem kayu yang populer di dunia pengrajin kayu? Pas banget nih, kali ini MinCro mau membahas tentang beberapa jenis lem kayu yang populer di kalangan pengrajin kayu.  Sebelum itu, banyaknya jenis lem kayu yang ada ditujukan untuk menyesuaikan kebutuhan bagi para pengrajin kayu, mulai dari butuh yang tahan solvent (cairan thiner) pada saat melakukan finishing, lem yang tahan air untuk kerajinan kayu eksterior, hingga kebutuhan launnya, Banyak banget kan? Hehehe    Beberapa Jenis Lem Kayu Yang Populer  Lem Alifatik  Jenis lem alifatik ini banyak digunakan para pengrajin kayu karena lem ini memiliki keunggulan yang sesuai untuk membuat kerajinan kayu yang ditempatkan di dalam ruangan, Lem ini berbeda dengan lem putih biasa, lem alifatik memiliki keunggulan yang cepar kering, hasil akhir sambungan kayu yang kuat, hingga punya perlindungan terhadap cairan solvent nih Sobat

Read More »
Arrow-up