Baca Tips Ini BIar Finishing HPL Terlihat Rapih!

Penggunaan finishing HPL atau high pressured laminated menjadi salah satu finishing favorit yang digunakan oleh para pengrajin kayu. HPL ini sering kita temukan pada lapisan terluar dari barang interior yang kita miliki, seperti meja, lemari, hingga kitchen set.

Alasan banyak pengrajin kayu menggunakan HPL yaitu karena finishing yang satu ini memiliki banyak corak atau motif yang bermacam-macam. Sehingga kita bisa menyesuaikan dengan yang kita inginkan. Selain itu, permukaan HPL dapat dikatakan tahan air dan tahan goresan (walaupun tidak 100% tahan goresan.

Disisi lain, pemasangan HPL ini dapat menjadi suatu hal yang sulit dilakukan bagi kamu yang baru pertama kali memasang HPL, mulai dari cara pemotongan HPL yang tepat hingga menampilkan hasil pemasangan HPL. Hal ini memang membutuhkan kesabaran dan ketelitian yang baik.

 

Cara Membuat HPL Terlihat Rapih

Terkadang, walaupun pemasangan HPL sudah dilakukan dengan sebaik mungkin, terdapat beberapa sisi sambungan yang terlihat tidak rapih atau tidak ratanya permukaan yang akan difinishing. Tapi, jangan khawatir! Berikut ini terdapat beberapa cara untuk mengatasi pemasangan HPL yang tidak rapih, diantaranya:

1. Menggunakan edging

Penggunaan edging dapat membantu untuk menyamarkan sambungan HPL yang terlihat. Edging ini berbentuk solatip yang berbahan PVC. Pemasangannya mudah kok, kamu cukup menempelkan edging pada sambungan HPL. Kemudian, beri sedikit tekanan agar edging tidak mudah lepas dan merekat dengan baik.

2. Menggunakan spidol

Seiring berjalannya waktu, cara mengatasi HPL yang tidak terlihat rapih semakin mudah. Karena adanya produk seperti spidol khusus HPL. Dibandingkan dengan penggunaan edging, kamu cukup mewarnai sambungan HPL yang terlihat dengan coretan spidol. Sangat mudah kan? Hehehe

Tetapi, dalam menggunakan spidol HPL, perhatikan warna spidol yang kamu pilih. Pastikan warna spidol memiliki warna yang persis dengan warna HPL yang kamu gunakan. Hal ini dapat menghindari terjadinya belang warna pada tampilan HPL.

3. Menggunakan dempul kayu

Jika permukaan kayu yang akan difinishing HPL tidak rata, sebaiknya gunakan dempul kayu terlebih dahulu. Tujuannya yaitu untuk meratakan permukaan kayu agar pemasangan HPL terlihat rapih dan tidak menggelombang.

 

Semoga beberapa cara diatas dapat membantu kamu untuk merapihkan tampilan finishing HPL ya!

 

Selanjutnya kamu bisa mengetahui tentang HPL lebih lanjut dan cara merawat HPL!

Table of Contents

Share on facebook
Facebook
Share on google
Google+
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on pinterest
Pinterest
Lem kayu

Lem Kayu Yang Paling Populer Di Kalangan Pengrajin Kayu

Kamu sedang mencari jenis lem kayu yang populer di dunia pengrajin kayu? Pas banget nih, kali ini MinCro mau membahas tentang beberapa jenis lem kayu yang populer di kalangan pengrajin kayu.  Sebelum itu, banyaknya jenis lem kayu yang ada ditujukan untuk menyesuaikan kebutuhan bagi para pengrajin kayu, mulai dari butuh yang tahan solvent (cairan thiner) pada saat melakukan finishing, lem yang tahan air untuk kerajinan kayu eksterior, hingga kebutuhan launnya, Banyak banget kan? Hehehe    Beberapa Jenis Lem Kayu Yang Populer  Lem Alifatik  Jenis lem alifatik ini banyak digunakan para pengrajin kayu karena lem ini memiliki keunggulan yang sesuai untuk membuat kerajinan kayu yang ditempatkan di dalam ruangan, Lem ini berbeda dengan lem putih biasa, lem alifatik memiliki keunggulan yang cepar kering, hasil akhir sambungan kayu yang kuat, hingga punya perlindungan terhadap cairan solvent nih Sobat

Read More »
Arrow-up