Alat Perkayuan ‘Tanpa Mesin’ Apa Aja Sih?

Alat-alat perkayuan menjadi salah satu barang yang banyak dicari oleh para pengrajin kayu. Baik itu pengrajin kayu pemula, maupun profesional. Karena aktivitas perkayuan tentu saja membutuhkan sebuah alat.

Jika dilihat dari komunitas-komunitas perkayuan yang ada, muncul banyak pertanyaan mengenai “alat perkayuan yang cocok untuk pemula apa ya?”, “rekomendasi merk alat perkayuan dong”, “rekomendasi alat perkayuan listrik yang wattnya (daya listrik) kecil gan”, dan berbagai pertanyaan lainnya.

Tetapi, dilihat dari beberapa pertanyaan tersebut beberapa pengrajin kayu fokus dengan alat perkayuan yang memiliki tenaga listrik. Kamu udah tau belum? Banyak juga loh alat perkayuan manual yang tidak membutuhkan daya listrik atau biasa disebut dengan hand tools.

 

Beberapa Macam Alat Perkayuan Manual

1. Gergaji

Lem kayu dan lem hpl Crona - 42 e1615341452436

Alat yang satu ini wajib banget dimiliki dan sangat dibutuhkan pada aktivitas pertukangan kayu. Gergaji manual pada umumnya terdiri dari dua jenis, yaitu gergaji potong dan gergaji belah. Dari dua jenis gergaji tersebut juga terbagi lagi menurut spesifikasinya. Jadi, pastikan kamu menggunakan gergaji yang tepat agar pemotongan kayu presisi dan juga rapih.

Lem kayu dan lem hpl Crona - 41 e1615341354720

Walaupun manual, saat ini banyak tersedia set gergaji manual yang bisa memotong kayu dengan kemiringan tertentu loh.

2. Ketam

Lem kayu dan lem hpl Crona - 39 e1615341663272

Menyerut kayu dengan ukuran yang diinginkan? Ketam menjadi solusi untuk alat penyerutan kayu!

Selain menjadi alat penyerutan, ketam juga memiliki fungsi lain seperti menghaluskan kayu serta membuat profil. Alat ini juga penting pastinya!

3. Amplas

Lem kayu dan lem hpl Crona - 43 e1615341546207

Benda yang satu ini pasti digunakan dalam kegiatan perkayuan, terutama dalam proses finishing, karena fungsinya dapat menghaluskan kayu. “Loh, tapi kan udah ada ketam min?”, iya betul tapi kayu yang sudah dihaluskan dengan ketam tetap membutuhkan amplas agar hasil kerajinan kayu menjadi lebih halus dan maksimal.

Penggunaan amplas juga harus kamu perhatikan ya, karena amplas memiliki grit atau tingkat kasar yang berbeda-beda.

4. Palu

Lem kayu dan lem hpl Crona - 44 e1615341584431

Buat kerajinan kayu yang membutuhkan kekuatan lebih, selain menggunakan lem kayu, mereka juga membutuhkan palu untuk memasukkan paku. Selain itu, palu juga dibutuhkan untuk memukul sambungan kayu yang menggunakan teknik penyambungan tertentu, salah satunya yaitu dove tail joint.

Walaupun palu identik dengan memukul paku, pada kenyataannya palu juga memiliki fungsi lain. Hal ini berkaitan dengan beberapa jenis palu yang digunakan.

5. Kuas

Lem kayu dan lem hpl Crona - Untitled design 22 e1605714592692

Apa alat alternatif dari finishing menggunakan alat spray? Kamu bisa menggunakan kuas untuk pengecetan seperti proses pengecatan atau finishing pada umumnya. Seandainya ada bekas sapuan kuas pada hasil akhir, kemungkinan terdapat kesalahan saat kamu melakukan finishing menggunakan kuas.

 

Itu dia beberapa alat perkayuan manual yang bisa kamu gunakan. Walaupun pakai alat manual, kenyataannya kita tetap bisa berkarya kok.

Semangat berkarya bareng Lem Crona!

Table of Contents

Share on facebook
Facebook
Share on google
Google+
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on pinterest
Pinterest
Lem kayu

Lem Kayu Yang Paling Populer Di Kalangan Pengrajin Kayu

Kamu sedang mencari jenis lem kayu yang populer di dunia pengrajin kayu? Pas banget nih, kali ini MinCro mau membahas tentang beberapa jenis lem kayu yang populer di kalangan pengrajin kayu.  Sebelum itu, banyaknya jenis lem kayu yang ada ditujukan untuk menyesuaikan kebutuhan bagi para pengrajin kayu, mulai dari butuh yang tahan solvent (cairan thiner) pada saat melakukan finishing, lem yang tahan air untuk kerajinan kayu eksterior, hingga kebutuhan launnya, Banyak banget kan? Hehehe    Beberapa Jenis Lem Kayu Yang Populer  Lem Alifatik  Jenis lem alifatik ini banyak digunakan para pengrajin kayu karena lem ini memiliki keunggulan yang sesuai untuk membuat kerajinan kayu yang ditempatkan di dalam ruangan, Lem ini berbeda dengan lem putih biasa, lem alifatik memiliki keunggulan yang cepar kering, hasil akhir sambungan kayu yang kuat, hingga punya perlindungan terhadap cairan solvent nih Sobat

Read More »
Arrow-up