Alat Pendukung Yang Penting Dalam Dunia Kayu!

Mempunyai hobi dalam perkayuan? Kenapa tidak? Hehehe

Bagi kamu yang ingin menjadikan perkayuan sebagai hobi ataupun usaha, pada awalnya kamu harus mengenali dunia perkayuan terlebih dahulu. Pengetahuan tentang perkayuan, kerajinan kayu, usaha perkayuan sangatlah luas. Tapi tenang aja, kamu bisa mempelajarinya sedikit demi sedikit kok.

Untuk mengenal dunia perkayuan, pada umumnya orang mulai mencari tentang jenis-jenis kayu atau kayu apa yang mudah didapatkan dan diolah, mengetahui alat-alat perkayuan listrik maupun non listrik, hingga teknik-teknik perkayuan yang dapat digunakan oleh para pemula.

Eiiittss tunggu dulu, alat-alat perkayuan bukan cuma gergaji, bor, mesin amplas, ataupun ketam aja ya, ada juga alat pendukung yang juga memiliki fungsi yang penting dalam pembuatan sebuah kerajinan kayu, yaitu alat pengukur.

 

Alat Pengukur Dalam Perkayuan

Sebagai alat yang sangat dibutuhkan ini, kamu perlu mengetahui satuan dari alat ukur yang kamu gunakan, entah itu centimeter, millimeter, inch, dan sebagainya. Mengapa? Karena perbedaan sedikit saja dapat membuat hasil karya kamu tidak maksimal.

 

Macam-macam Alat Pengukuran

Dalam mengerjakan proyek kayu, ini dia beberapa macam alat ukur yang biasa digunakan oleh para pengrajin kayu

1. Mistar ukur

Lem kayu dan lem hpl Crona - Penggaris e1609429888824

Untuk alat yang satu ini, kalian pasti tau kan? Mistar ukur atau biasa kita sebut penggaris merupakan alat ukur yang memiliki bentuk yang simpel, dan berbahan plastik atau alumunium.

Yang perlu kamu perhatikan dalam menggunakan penggaris ini, pastikan kamu tahu satuan ukur yang kamu gunakan centimeter ataupun meter. Jangan sampai terkecoh ya!

2. Rol meter

Lem kayu dan lem hpl Crona - Roll Meter e1609429952220

Apakah disini ada yang belum pernah melihat roll meter? Selain mengukur kayu, alat ini juga biasa digunakan oleh banyak orang untuk mengukur tinggi badan mereka, kamu pernah kan? Hehehe

Rol meter merupakah alat ukur yang berbentuk gulung yang bahannya terbuat dari lembaran plat baja tipis, serat nylon, dan sebagainya.

3. Siku segitiga

Lem kayu dan lem hpl Crona - Siku Segitiga e1609429988543

Alat ini merupakan alat yang digunakan untuk membuat garis lurus derajat kemiringannya, missal membuat garis sudut 90 derajat dengan tepat.

Saat memotong kayu, kamu juga bisa menggunakan alat ini sebagai alat bantu saat menggunakan circular saw.

4. Siku kombinasi

Lem kayu dan lem hpl Crona - Siku Kombinasi e1609429941111

Siku kombinasi merupakan alat ukur yang multifungsi. Fungsi utamanya yaitu sebagai alat untuk mengukur ketepatan sudut 90°, 45°, mengukur pusat objek lingkaran, mengukur jarak sederhana, dan beberapa fungsi lainnya.

5. Busur derajat (protractor)

Lem kayu dan lem hpl Crona - Protractor e1609429861898

Bentuk dari busur derajat yang sering kita temui yaitu berbentuk setengah lingkaran yang terdapat sudut 0° sampai dengan 180°. Tetapi, seiring berjalannya waktu, bentuk busur derajat berubah menjadi lebih detail, lebih modern, dan tentunya memiliki fungsi untuk mengukur serta membentuk sudut antar bidang permukaan satu dengan yang lainnya bertemu.

 

Gimana? Alat ukur merupakan benda yang penting kan? Pastikan kamu mengukur dengan benar dan sudut yang tepat ya, Sobat Crona!

Table of Contents

Share on facebook
Facebook
Share on google
Google+
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on pinterest
Pinterest
Lem kayu

Lem Kayu Yang Paling Populer Di Kalangan Pengrajin Kayu

Kamu sedang mencari jenis lem kayu yang populer di dunia pengrajin kayu? Pas banget nih, kali ini MinCro mau membahas tentang beberapa jenis lem kayu yang populer di kalangan pengrajin kayu.  Sebelum itu, banyaknya jenis lem kayu yang ada ditujukan untuk menyesuaikan kebutuhan bagi para pengrajin kayu, mulai dari butuh yang tahan solvent (cairan thiner) pada saat melakukan finishing, lem yang tahan air untuk kerajinan kayu eksterior, hingga kebutuhan launnya, Banyak banget kan? Hehehe    Beberapa Jenis Lem Kayu Yang Populer  Lem Alifatik  Jenis lem alifatik ini banyak digunakan para pengrajin kayu karena lem ini memiliki keunggulan yang sesuai untuk membuat kerajinan kayu yang ditempatkan di dalam ruangan, Lem ini berbeda dengan lem putih biasa, lem alifatik memiliki keunggulan yang cepar kering, hasil akhir sambungan kayu yang kuat, hingga punya perlindungan terhadap cairan solvent nih Sobat

Read More »
Arrow-up