Beli Kayu Tapi Ukuran Kayu Gak Sesuai? Ini Panduannya!

ukuran kayu

Kayu menjadi bahan utama untuk dijadikan berbagai macam karya bagi para pengrajin atau tukang kayu. Mulai dari furniture, hiasan, dijadikan kontruksi bangunan, dan sebagainya.

Pemilihan jenis kayu dapat disesuaikan dengan kebutuhan atau tujuan dari penggunaan kayu tersebut. Misalnya, untuk membuat hiasan kayu yang diletakkan di dalam rumah, bisa menggunakan jenis kayu lunak (softwood). Sedangkan, jika kayu diletakkan di luar rumah dan akan terkena matahari ataupun hujan, kamu bisa menggunakan kayu keras (hardwood) yang berkualitas seperti kayu jati.

Namun, dalam membeli sebuah kayu ada beberapa hal yang harus kamu perhatikan terlebih dulu, salah satunya yaitu ukuran kayu.

 

Ukuran Kayu

ukuran kayu

Setelah menentukan jenis kayu yang akan digunakan, pastinya kamu akan menyesuaikan ukuran kayu dengan rencana pengerjaan proyek kamu. Nah, ukuran kayu ini pada kenyataannya tidak sesuai dengan ukuran yang terpampang ditulisan atau yang dibilang penjual kayu.

Kenapa bisa begitu? Karena kayu melewati beberapa proses, seperti pengeringan, dimana dari beberapa proses tersebut kayu mengalami penyusutan sampai pada kayu tersebut siap dijual. Sehingga, ukuran kayu yang tidak sesuai ini agak menyulitkan kamu dalam membuat proyek yang ukurannya sudah kamu tentukan.

Tapi, tenang aja. Situs familyhandyman.com memberikan perbedaan ukuran yang bisa memudahkan kamu dalam membeli kayu. Liat tabel berikut ini yuk!

 

Tabel perbedaan ukuran kayu

Ketebalan (inchi)

Lebar (inchi)

Ukuran Tulisan

Ukuran Sebenarnya

Ukuran Tulisan

Ukuran Sebenarnya

1

0,75 2 1,5

1,25

1 3

2,5

1,5

1 ,25 4

3,5

2

1,5 5

4,5

2,5

2 6

5,5

3

2,5 7

6,5

3,5

3 8

7,25

4 3,5 9

8,25

4,5 4 10

9,25

 

Itu dia beberapa perbedaan ukuran kayu yang dirangkum oleh situs familyhandyman.com. Gimana menurut kamu? Walaupun perbedaannya sedikit, di dunia perkayuan perbedaan ukuran ini sangat berpengaruh pada perhitungan proyek mereka loh.

 

Semoga info ini bermanfaat!

Selanjutnya kamu bisa baca info menarik lainnya yaa!

Table of Contents

Share on facebook
Facebook
Share on google
Google+
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on pinterest
Pinterest
Arrow-up